Pelita Hati: 19.04.2023 – Begitu Besar Kasih Tuhan

0
591 views

Sahabat pelita hati,

KARENA begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh.3:16). Diyakini kutipan ini merangkum seluruh ajaran Kitab Suci tentang karya penyelamatan Allah yang terumus dalam dua pertanyaan: (1) Mengapa dan bagaimana Allah mengasihi manusia dan dunia; (2) Apa tujuan dari kehendak kasih Allah itu?

Sahabat terkasih,

Sejak semula, Allah berkehendak untuk mengasihi dan menyelamatkan manusia. Kehendak-Nya untuk mengasihi manusia amat besar dan tak terbendung oleh apa pun dan siapa pun. Karena-Nya Allah mengaruniakan putera-Nya terkasih kepada dunia untuk melaksanakan karya pnyelamatan dan penebusan, walau harus dijalani dengan sengsara, derita dan wafat di kayu salib. Kasih-Nya sungguh luar biasa. Jika Allah sedemikian besar mencintai kita dan membiarkan putera-Nya menderita demi mengangkat manusia dari kubangan dosa, apakah kita mau memalingkan wajah dari-Nya? Apakah kita tak mempedulikan-Nya? Kita harus merundukkan hati dan mendekat pada-Nya. Bagaimana caranya? Yang dituntut dari manusia adalah percaya kepada-Nya melalui Sang Putera. Dengan cara itulah manusia akan beroleh hidup kekal. 

Sahabat terkasih,

Marilah kita memperteguh iman kepada-Nya karena Dia penjamin keselamatan kekal. Buah dari perayaan Paskah adalah harus semakin percaya dan mendekat kepada-Nya. Jangan sekali-kali kita menjauh dari-Nya. Tetap semangat dan berkah Dalem. 

Jika putih itu Melati,
Merah warna Mawar berduri.
Kasih Tuhan tiada henti,
mengalir setiap hari.
Gadis manis bernama Rani,
matanya lentik berambut ikal.
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini,
sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

Kisah Rasul 5:17-26

Yohanes 3:16-21

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.” (Yoh.3:16-21)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here