Pelita Hati: 27.02.2021 – Mengasihi Yang Memusuhi, Mencintai Yang Membenci

0
668 views

Bacaan: Ulangan 26:16-19, Matius 5:43-48

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. (Mat.5:43-45)

Sahabat pelita hati,

“MENGASIHI musuh”, adalah salah satu ajaran radikal Yesus yang mendobrak ajaran Yahudi sebagaimana diwartakan ahli-ahli Taurat dan para Farisi. Mereka menganut aturan yang menyatakan bahwa yang disebut saudara  adalah sebangsa atau seagama sedangkan di luar Yahudi atau non Yahudi mereka anggap kafir dan musuh. Bahkan Tuhan juga menambahkan: “Berdoalah bagi yang menganiaya kamu.” Sebuah ajaran radikal yang bisa saja membuat orang berhenti sejenak untuk bergabung menjadi pengikut Yesus.

Sahabat terkasih,

Ajaran Yesus ini memang tidak begitu saja mudah dilaksanakan. Tetapi inilah inti dari ajaran kasih Tuhan yaitu bukan hanya mengasihi sesama atau saudara tetapi juga mengasihi musuh bahkan berdoa bagi yang menganiaya.Ajaran kasih Yesus itu bersumber pada kasih Allah yang tetap menerbitkan matahari bagi orang baik maupun orang jahat. Kebaikan Tuhan tidak pilih-pilih.

Sahabat terkasih,

Kita memiliki kewajiban untuk mengusahakan dan mewujudnyatakan ajaran kasih Tuhan ini. Jika sekarang ini kita masih menyimpan dengki kepada orang yang pernah melukai hati, mari kita mulai untuk mendoakanya. Mamang tidak mudah tetapi harus mencoba, setidaknya kita ingin membebaskan diri dari rasa dendam  membebani hati. Mari kita berjuang untuk mengusahakannya.

Di sana jamu di sini jamu,
jamu istimewa dari nenek moyangmu.
Kasihilah musuh-musuhmu
berdoalah bagi yang menganiaya kamu.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here