Sabda Hidup: Kamis, 2 Maret 2017

0
948 views

Agnes dr Praha

warna liturgi Ungu

Bacaan

Ul. 30:15-20; Mzm. 1:1-2,3,4,6; Luk. 9:22-25. BcOKel 1:1-22

Bacaan Injil: Luk. 9:22-25.

22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.” 23 Kata-Nya kepada mereka semua: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku. 24 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya. 25 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia membinasakan atau merugikan dirinya sendiri?

Renungan

DALAM banyak film dikisahkan bagaimana orang mengejar kehidupan abadi. Mereka mengerahkan segala harta dan kemampuannya untuk mendapatkan formula bagi keabadiannya. Namun dari seluruh film yang ada tak ada satupun yang berhasil. Mereka tidak mampu mencapai keabadian tersebut.

Yesus pun bersabda, “barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya” ( Luk 9:24). Baginya berusaha menjaga keabadian bukanlah hal yang perlu dilakukan. Yang lebih penting adalah hidup selaras dengan kehendak Bapa dan bertekun pada perutusan-Nya. Mereka yang mau menyelamatkan nyawa akan kehilangan nyawanya dan yang kehilangan nyawa karena Dia akan menyelamatkan.

Hidup kita adalah perutusan. Kita hadir di dunia karena dipanggil menjadi rekan kerja Allah membawa dunia pada keselamatan. Maka kesetiaan kita pada perutusan Allah itu menjadi kunci keselamatan kita. Allah akan menghidupkan mereka yang setia kepada-Nya walau maut telah menjemput.

Kontemplasi

Pejamkan matamu. Hadirkan perutusan Tuhan terhadap dirimu.

Refleksi

Bagaimana menjaga kesetiaan melaksanakan perutusan Tuhan?

Doa

Bapa aku ingin setia pada-Mu. Jagailah aku supaya terbebas dari godaan untuk tidak setia. Amin.

Perutusan

Aku akan menjaga kesetiaanku pada perutusanku. -nasp-

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here