Sang Mentor

0
200 views
Valentino Rossi - Sang Mentor

Bacaan 1: 2Raj 2:1. 6-14
Injil: Mat 6:1-6. 16-18

MENTOR adalah seorang yang bijak, bisa berperan sebagai konselor sekaligus guru yang dapat dipercaya untuk melakukan pendampingan kepada mentee.

Mentor biasanya seseorang yang lebih senior, dipercaya, dan memiliki pengalaman lebih dalam bidang pengembangan karakter.

Seorang mentor mampu melihat potensi dalam diri orang lain untuk dikuatkan dan dikembangkan ke tingkat lebih lanjut.

Fransesco Bagnaia, pembalap motogp dari tim Ducati Lenovo, pernah dilatih dan dibimbing oleh Valentino Rossi sebagai mentornya. Ia merasa sulit move on saat “Sang Mentor” harus pensiun dan tidak terlihat lagi di landasan pacu.

Memiliki sisi karismatik dan humoris membuat sosok “The Doctor” Valentino Rossi dirindukan banyak orang tak terkecuali Bagnaia.

“Di (tes pramusim) Malaysia, saya terkejut melihat tim lama Valentino tanpa dia (Rossi) di trek. Tapi, dia banyak membantu kami, meskipun dia tidak bersama kami,” kata Bagnaia.

Sang mentor memutuskan pensiun di tahun 2021 dengan predikat “Legenda Tujuh Gelar Dunia” bersamanya.

Bagi Bagnaia, Rossi akan selalu menjadi sosok panutan bagi dirinya dan pembalap lain, dia ingin mengikuti jejak “Sang Mentor”.

Nabi Elia adalah seorang panutan dan “Sang Mentor” bagi Nabi Elisa, berperan sangat penting dalam pertumbuhan Elisa sebagai pemimpin.

Sang murid muda ini adalah saksi mata saat “Sang Mentor” mengadakan berbagai mukjizat dan patuh kepada Allah tanpa kompromi.

Allah menggunakan Elia menyiapkan Elisa untuk pelayanan seumur hidupnya.

Tiga kali Elia menawarkan Elisa untuk melepaskan tanggung jawabnya, namun Elisa selalu menolak dengan berkata,

“Demi Tuhan yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau.”

Tuhan Yesus mengingatkan para pengikut-Nya agar dalam ibadah dan berbuat kebaikan tidak perlu pamer.

“Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di surga…”

Pamer ibadah, menjalankan kewajiban agama dan berbuat baik hanya untuk konten “medsos”, adalah sebuah tindakan tidak perlu.

“…masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”

Pesan hari ini

Tuhan Yesus adalah “Sang Mentor” yang senantiasa mengajari kebaikan, mengenal serta berbicara kepada Allah Bapa yang berada di tempat tersembunyi.

Demikian juga Nabi Elia menjadi “mentor” bagi Nabi Elisa.

Ibadah tidak perlu dipamerkan.

“Masa lalumu tidak sama dengan masa depanmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here