Sedulur.Id, Asosiasi Lapak dan Pasar Online Kevikepan Surakarta, KAS

0
488 views
Sedulur.Id, Asosiasi Lapak dan Pasar Online Kevikepan Surakarta, KAS

BERJALAN bersama kegiatan ekonomi umat Kevikepan Surakarta, Keuskupan Agung Semarang, kini memasuki era baru. 

Hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022 dan bertempat di Hartono Trade Centre akan dirilis Asosiasi UMKM dan Pasar Online Kevikepan Surakarta oleh Vikjen Keuskupan Agung Semarang (KAS) Romo  YR Edy Purwanto Pr.

Gereja terpanggil untuk melakukan pendampingan, jejaring, dan menguatkan perekonomian yang dilakukan umat di Kevikepan Surakarta.

Kondisi ekonomi selama masa pandemi dan pasca pandemi telah menjadi pendorong dibangunnya kerjasama antar pelaku usaha.

Ini untuk mengembangkan serta mencari terobosan ekonomi kreatif agar keberpihakan pada umat khususnya umat yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel dapat terwujud.

Bidang Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Kevikepan Surakarta menginisiasi dibentuknya jejaring kerjasama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam bentuk Asosiasi UMKM dan Pasar Online Kevikepan Surakarta.

Secara konkrit, PSE Kevikepan Surakarta akan merilis program bernama Sedulur.id sebagai lapak Kevikepan Surakarta: https://sedulur.id/

Latar belakang

Sedulur.id adalah situs UMKM se- Kevikepan Surakarta yang memperkenalkan dan menjual beragam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama yang bertempat tinggal di Surakarta dan sekitarnya.

Berangkat dari keberadaan UMKM di Kevikepan Surakarta yang sudah ada dan berkembang secara tradisional dan lokal, Sedulur.id akan membawa para UMKM di Kevikepan Surakarta untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Menurut Ketua PSE Kevikepan Surakarta Romo Agustinus Nunung Wuryantoko Pr, Gereja harus ikut terlibat menfasilitasi usaha-usaha ekonomi umat untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, meningkatkan volume usaha untuk peningkatan ekonomi umat.

Semua yang ada di dalam lingkup binaan PSE Kevikepan; di dalam lingkup antar paroki serta mengusahakan pengembangan dan terobosan ekonomi kreatif pada umat, khususnya umat yang kecil, lemah, miskin, tersingkir dan difabel serta mereka yang terkena dampak Covid-19.

Saat ini UMKM yang tergabung berjumlah 574 usaha.

Terobosan usaha-usaha ekonomi umat dilakukan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi, membantu keluarga Katolik agar mempunyai usaha UMKM yang bisa memenuhi kebutuhan hidup primer pasca pandemi Covid-19.

Usaha tersebut bisa terwujud jika ada ejaring antara UMKM, pengusaha, pemerintah, dan akademisi.

Sedulur.Id, platfrom Asosiasi Lapak dan Pasar Online Kevikepan Surakarta, KAS.

Kebutuhan mendesak

Berdasarkan data yang dibuat PSE (Litbang Kev. 2021) menunjukkan, di Kevikepan Surakarta salah satu kebutuhan mendesak bagi keluarga yang mengalami penurunan pendapatan usaha adalah tersedianya Modal Usaha dan Tata Kelola.

Kebutuhan modal usaha dan pemasaran sulit, jika diatasi oleh paroki sendiri-sendiri. Serta perlunya membangun jejaring untuk penyaluran dan pemasaran hasil usaha secara bersama.

Selain menyalurkan bantuan modal, PSE juga akan memberikan pendampingan tata kelola usaha dan perizinan serta jejaring melalui pasar online memasuki era teknologi 4.0 yaitu kombinasi fisik-cyber, internet of things, dan internet of systems.

Berangkat dari latar belakang kondisi yang ada, maka PSE Kevikepan memandang perlu membentuk Asosiasi UMKM sebagai salah satu alternatif solusi untuk pemulihan hidup ekonomi umat.

Juga untuk menggerakkan generasi muda dan keluarga muda mampu membangun ekonomi kreatif dan berani memulai usaha serta terbentuknya pasar online (market place).

Semuanya ini  sebagai alternatif untuk menanggapi era teknologi 4.0 dalam bidang UMKM dengan mengoptimalkan penggunaan media sosial dan media digital untuk memperkenalkan UMKM dan menjadi sarana pemasaran langsung hasil UMKM.

Lapak PSE Kevikepan Surakarta

Sebagai lapak yang menawarkan produk hasil UMKM di Kevikepan Surakarta, Sedulur.id memberi kemudahan bagi pembeli untuk memilih produk mulai dari kategori alat rumah tangga, elektronik, kelistrikan, meubel, hasil perikanan/ peternakan/pertanian dan lain-lain. 

Produk -produk tersebut sudah diverifikasi keabsahannya secara berjenjang mulai dari pengurus lingkungan dan pengurus paroki pemilik lapak.

Para pelaku usaha UMKM anggota komunitas pasar online Kevikepan Surakarta mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara khusus.

Pelatihan dilaksanakan bekerjasama dengan Komisi PSE Kevikepan Surakarta.

Rilis Lapak PSE Kevikepan Surakarta,akan dilaksanakan pada Sabtu 14 Mei 2022 Pukul 10.00-12.00 di Hartono Trade Centre, Solo Baru.

Semoga berjalan lancar dan menjadi awal pemberdayaan dan kesejahteraan ekonomi umat. Kunjungi https://sedulur.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here