Uskup Berkati Salib IYD, Utus Kontingen Delegasi Keuskupan Malang ke Indonesian Youth Day 2023 di Keuskupan Palembang

0
347 views
Uskup Keuskupan Malang Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm memberkati Salib IYD dan mengutus kontingen delegasi Keuskupan Malang berpartisipasi dalam Indonesian Youth Day III tahun 2023 di Keuskupan Agung Palembang, 26-30 Juni 2023. (Komsos Keuskupan Malang)

SALIB Indonesian Youth Day (IYD) 2023 Keuskupan Malang telah diberkati Bapak Uskup Keuskupan Malang (KM) Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan O.Carm. Terjadi di dalam Misa Pekan Prapaska Ketiga Minggu 12 Maret 2023 di Gereja Katedral Malang.

Dalam kata pengantar ekaristi, Mgr. Henricus menyampaikan demikian.

“Hari ini ada sesuatu yang tidak biasa. Ada empat imam hadir berikut 31 orang peserta IYD 2023 dari Keuskupan Malang. Mereka akan hadir di IYD 2023 di Keuskupan Palembang 26-30 Juni mendatang.

Hari ini juga akan diberkati delegasi dan salib IYD. Mari kita doakan semoga pertemuan akbar kaum muda  dari seluruh Indonesia dapat menghasilkan buah-buah yang nyata,” ungkap Mgr. Pidyarto O.Carm.

Keempat romo yang dimaksud uskup adalah  para romo muda usia yakni: Romo Agustinus Devit Setiawan Pr, Romo Paulus Fadjar Pr, Romo Yusuf Dimas Caesario Pr, dan Romo Stevanus Jemmy Fantaw Pr.

“Tiap-tiap keuskupan harus membuat sebuah salib dengan ciri khas keuskupannya. Salib yang dibuat oleh Komisi Kepemudaan KM ini terbuat dari potongan kayu bangku Gereja Stasi Pronojiwo Paroki Lumajang yang terimbas gempa di Malang Selatan bulan April 2021,” demikian disampaikan Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Malang (KM) Romo Yusuf Dimas Caesario Pr dalam penjelasannya.

Salib IYD Keuskupan Malang diperlihatkan oleh Romo Devid Pr, Ketua Kontingen Delegasi Keuskupan Malang ke Indonesian Youth Day III di Keuskupan Palembang. (Komsos Keuskupan Malang)

Selanjutnya, ia menyampaikan pada Salib IYD KM ditempelkan 12 batu-batu kecil yang hendak melambangkan 12 rasul yang diutus oleh Tuhan untuk bersaksi mewartakan Injil di tengah dunia. Serta pasir yang melambangkan umat yang ada di mana-mana yang menerima kesaksian para rasul. Batu-batu kecil dan pasir itu diambil dari muntahan erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu. 

Wajah Gereja dan Allah yang berbelas kasih

Selain memberkati Salib IYD KM, Bapak Uskup juga memberkati peserta IYD Kontingen KM dan  pengutusan kepada semua peserta dengan pesan.

“Bangkitlah dan bersaksilah kiranya kehadiran orang muda semakin menampakkan wajah gereja dan wajah Allah yang berbelas kasih di tengah-tengah dunia ini.”

Bapak Uskup menunjuk Romo Agustinus Devit Setiawan Pr sebagai Ketua Kontingen Orang Muda Katolik KM dalam rangkaian kegiatan IYD 2023. Itu ditandai dengan penyerahan Salib IYD 2023 di hadapan anggota kontingen IYD KM yang hadir dalam Perayaan Ekaristi pagi hari ini.

Salib IYD yang telah diberkati akan berkeliling dari dekenat ke dekenat di Keuskupan Malang. Dimulai dari Dekenat Selatan Malang. Di setiap dekenat, Orang Muda Katolik bersama seluruh umat diminta berdoa di hadapan salib.

Mohon rahmat keselamatan dan kelancaran kegiatan IYD 2023.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari Romo Dimas, anggota kontingen ada sedikit perubahan. Terdiri dari sejumlah 32 Orang Muda Katolik KM dengan lima pendamping. Para peserta diseleksi di tingkat paroki.

Gelaran IYD kedua tahun 2023 akan dilaksanakan di Keuskupan Agung Palembang pada lokasi Jakabaring Sport City Palembang anggal 26-30 Juni 2023 dengan tema “Orang Muda Katolik Bangkit dan Bersaksilah”.

IYD kedua sebelumnya dilaksanakan ahun 2016 di Keuskupan Manado.

Koor memeriahkan ekaristi pemberkatan Salib IYD dan pengutusan kontingen delegasi Keuskupan Malang ke Indonesian Youth Day III di Keuskupan Agung Palembang. (Komsos Keuskupan Malang)
Kontingen delegasi Keuskupan Malang ke Indonesian Youth Day III di Keuskupan Agung Palembang Juni 2023. (Komsos Keuskupan Malang)

Petugas liturgi

SDK Mardiwiyata 2 Malang berpartisipasi aktif dalam misa kali ini dengan menyertakan kelompok koor sekolah yang mempersembahkan talenta suara khas anak-anak sepanjang misa.

Dalam lagu pembuka yang mengiringi prosesi perarakan dinyanyikan lagu Pintu Satu-satunya yang seolah mengingatkan kepada seluruh umat yang hadir juga anggota kontingen IYD KM. Yakni, bahwa, “Pintu satu-satunya Tuhan Yesus. Lewat Dia masuklah umat kudus. Padang rumput yang tenang ditemukan, hidup yang bahagia didapatkan,” begitu bunyi teks lagi dari Puji Syukur 543.

Sedang Orang Muda Katolik Paroki Katedral Malang kali ini bertindak aktif sebagai among tamu menyambut tamu mulai dari halaman gereja Jalan Buring. Sampai membantu mencarikan serta mempersilahkan umat duduk pada bangku di dalam Gereja Katedral Malang.  

Kredit foto: Komsos Keuskupan Malang

Baca juga: Kirab Salib IYD Bersama OMK Keuskupan Tanjung Selor, Meriahkan Indonesian Youth Day III di Keuskupan Agung Palembang Juni 2023

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here