Kirab Salib IYD Bersama OMK Keuskupan Tanjung Selor, Meriahkan Indonesian Youth Day III di Keuskupan Agung Palembang Juni 2023

0
545 views
Vikjen Keuskupan Tanjung Selor di Provinsi Kaltara Romo Domi Paretta OMI memberkati Salib IYD Keuskupan Tanjung Selor (KTS) dalam sebuah perayaan ekaristi yang dihadiri segenap umat dan Ketua Komisi Kepemudaan KTS Romo Bernard Mboi Pr. (Komsos KTS)

TEMA kegiatan Orang Muda Katolik (OMK) Indonesia di gelar perhelatan Indonesian Youth Day III tanggal 26-30 Juni 2023 di Keuskupan Agung Palembang adalah “OMK, Bangkit dan Bersaksilah”

Pembukaan dan pemberkatan Salib IYD Keuskupan Tanjung Selor

Gaung Indonesian Youth Day (IYD) 2023 di Keuskupan Tanjung Selor (KTS) sudah dimulai. IYD III nantinya akan dilaksanakan tanggal 26-30 Juni 2023 di Keuskupan Agung Palembang, Sumatera Selatan. 

Untuk itu, Komisi Kepemudaan (Komkep) KTS melaksanakan kegiatan Pra IYD. Salah satunya dengan Kirab Salib IYD.

Rangkaian kegiatan Pra IYD ini diawali dengan pemberkatan Salib IYD di Paroki Katedral St. Maria Assumpta, Tanjung Selor, Kaltara.

Pemberkatan salib IYD dilaksanakan di dalam misa pada Minggu, 12/03/2023. Misa dipimpin oleh Vikjen KTS Romo Dominikus Paretta OMI; dengan didampingi Romo Bernard Moi Pr, Ketua Komisi Kepemudaan KTS, dan Romo Fredirikus Nono.

Hadir dalam Misa, para anggota Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Katedral, beberapa utusan dari Gereja St. Petrus Paroki Mara Satu, para suster, dan umat Gereja Paroki Katedral.

Segenap umat dan OMK di Keuskupan Tanjung Selor (KTS) hadir mengikuti ekaristi pemberkatan Salib IYD. (Komsos KTS)

Prosesi pemberkatan Salib IYD dilakukan setelah homili. Para anggota OMK yang hadir berarak membawa Salib IYD dengan iringan theme song Keuskupan Tanjung Selor ciptaan Kori Tobil.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan baik untuk membangkitkan semangat OMK lagi. Apalagi beberapa tahun ini kegiatan yang sudah direncanakan menjadi vakum atau tidak terlaksana karena Covid-19. Maka saatnya kembali menyemarakkan dan membangkitkab semangat OMK.

Meskipun nanti yang pergi ke IYD III di Palembang adalah utusan dari masing-masing paroki, namun tidak mengurangi semangat OMK yang tidak bisa hadir. Tetapi dengan adanya kegiatan ini menjadikan acuan dan dasar bagi seluruh OMK untuk kembali bangkit dan bersaksi seperti tema IYD tahun ini,” ungkap Ketua Komisi Kepemudaan KTS Romo Bernard Mboi Pr.

“Melalui kegiatan IYD ini, OMK diharapkan semakin bergembira da berbelasarasa kepada sesama dalam kondisi multikultural berbeda-beda dalam agama, bahasa, suku. OMK semakin sanggup membangun dan menjalin persahabatan dengan siapa saja dalam situasi kemajemukan,” pungkasnya.

Kegiatan Kirab Salib akan dilaksanakan secara estafet dengan urutan: Dekenat Selatan, Dekenat Tengah, Dekenat Utara, Dekenat Tengah.

Dekenat Selatan

Rangkaian Kirab Salib IYD 2023 KTS dimulai dari Dekenat Selatan.

Pada Jumat, 17/03/2023, rombongan OMK dari Paroki Katedral St. Maria Assumpta, Tanjung Selor, bertolak menuju Paroki St. Yoseph, Dumaring.

Didampingi Ketua Komkep, rombongan OMK Katedral menempuh perjalanan kurang lebih tujuh jam dengan mobil. Dalam perjalanan, rombongan menyempatkan diri untuk rehat sejenak bersama OMK Eudema, kemudian melanjutkan perjalanan.

Paroki St. Yoseph Dumaring

Rombongan tiba di Paroki Dumaring disambut oleh Pastor Paroki, Romo Raymond Kalalo MSC, Pastor Rekan Romo Yovianus Tarukan MSC, Fr. Bryan MSC, dan anggota OMK setempat.

Prosesi sederhana namun sakral dilakukan di halaman gereja Paroki Dumaring.

Selanjutnya Salib IYD ditahtakan di dalam gereja. Rombongan bersama para anggota OMK Dumaring kemudian mengikuti ibadat Jalan Salib bersama umat Paroki Dumaring. Malam hari diadakan temu akrab sederhana dan makan malam bersama.

“IYD merupakan sarana akbar bagi orang-orang muda Katolik dalam memupuk kesadaran akan iman mereka. Juga memupuk kesadaran untuk terlibat dalam setiap pelayanan di dalam gereja maupun dalam hidup sosial kemasyarakatan.

Mereka (OMK) adalah gambaran duta iman Katolik yang sejalan dengan jiwa anak muda yang kreatif dan aktif,” demikian tanggapan Romo Yovi MSC.

Segenap pastor, OMK, menyambut kegiatan Pra IYD berupa Kirab Salib IYD di setiap paroki yang disinggahi. (Komsos KTS)
Umat dan OMK setiap paeroki sangat antuasias menyambut kedatangan tim pembawa kegiatan Kirab Salib IYD. Menerima mereka dengan hangat dan menjamu mereka untuk bisa melanjutkan perjalanan berikut. (Komsos KTS)

Paroki St. Eugeniius de Mazenod Tanjung Redep

Jumat, 24/03/2023, rombongan OMK Dumaring melanjutkan Kirab Salib menuju Paroki Eudema, Tanjung Redeb. Menempuh perjalanan darat selama kurang lebih lima jam, rombongan OMK Dumaring tiba di Eudema sekitar pukul 14:00 WITA.

Selanjutnya dilakukan prosesi penyambutan oleh OMK Eudema dan beberapa perwakilan dari OMK Gereja Hati Kudus Yesus (HKY) Paroki Segah di halaman parkir paroki.

Hadir pula Pastor Sekretaris Jenderal KTS yang sementara waktu kini menjadi pelaksana tugas Pastor Paroki Eudema Romo Agustinus Maming MSC.

Ikut datang menyambut adalah Fr. Veki MSC, Pastor Rekan dan moderator OMK Paroki HKY Romo Yusuf Yanto MSC, Ketua Seksi Kepemudaan Eudema Rosalia Dua Lodan, dan salah satu pendamping OMK Eudema Sr. Vita, PRR.

Salib yang dibawa Ketua OMK Dumaring, Arnold Ledjab, diterima oleh Romo Agustinus Maming MSC dan Romo Yusuf Yanto MSC.

Kemudian rombongan berarak menuju gereja; diiringi tarian Dayak yang dibawakan oleh OMK Paroki HKY.

Penyemangat OMK

Dalam sapaan singkatnya, Romo Agustinus Maming MSC menyampaikan pesan berikut ini.

“Dengan kehadiran Salib IYD di tengah–tengah kita, diharapkan bisa menjadi pemicu bagi para OMK untuk bisa berkumpul dan saling mendukung satu sama lain.

Ini adalah momen bagi orang muda untuk menunjukkan jatidiri sebagai orang Katolik yang beriman dan kreatif.

Semoga ini juga menjadi sarana, tidak saja bagi orang muda, namun sekaligus bagi para pendamping dan seksi kepemudaan di paroki masing–masing, untuk bisa lebih terlibat dan berkomitmen dalam menyatakan diri dalam setiap pelayanan di dalam maupun di luar Gereja.”

Salib IYD berada di Paroki Eudema hingga 24 Maret 2023. Kemudian akan diteruskan kepada OMK Paroki Katedral.

Selanjutnya secara berturut–turut Salib IYD akan dibawa secara estafet ke gereja-gereja paroki:

  • Gereja St. Carolus Paroki Sekatak.
  • Gereja St. Paulus Paroki Tideng Pale.
  • Gereja St. Stefanus Paroki Malinau.
  • Gereja St. Maria Bunda Karmel Paroki Mansalong.
  • Gereja St. Yosef Paroki Sebuku.
  • Gereja St. Gabriel Paroki Nunukan.
  • Gereja St. Maria Imakulata Paroki Tarakan.
  • Gereja St. Yosef Pekerja Paroki Juata.

Baca juga: Uskup Berkati Salib IYD, Utus Kontingen Delegasi Keuskupan Malang ke Indonesian Youth Day 2023 di Keuskupan Palembang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here