Berjuang Memiliki Semangat Kesetiaan

0
97 views
Ilustrasi (Liberman)

Hidup bersama menuntut suatu kesetiaan. Untuk itu, orang mesti berani berkorban untuk mewujudkan kesetiaan itu.

A Dog’s Purpose adalah film dengan setting peristiwa krisis rudal Kuba di tahun 1962. Film ini menceritakan kesetiaan seekor anjing bernama Bailey terhadap majikannya, Ethan. Bailey akhirnya tinggal bersama keluarga Ethan dan semakin dekat dengan Ethan.

Kalung Bailey pun disematkan oleh Ethan sebagai penanda penting di film ini.

Waktu berlalu sampai Ethan beranjak remaja dan jatuh cinta pada Hannah (Britt Robertson) berkat bantuan Bailey. Kemesraan pasangan ini terus berlanjut sampai peristiwa mengenaskan yang menimpa Ethan membuat hubungan mereka berakhir. Bailey yang sudah semakin tua juga mulai sakit-sakitan dan akhirnya menemui ajal. Namun, cerita belum berakhir sampai di situ.

Bailey kemudian bereinkarnasi menjadi anjing pelacak German Shepherd bernama Ellie yang membantu Carlos (John Ortiz) di Chicago Police Department.

Naas, nyawanya kembali direnggut saat mencoba menyelamatkan Carlos, ketika melawan seorang penjahat. Jiwa Bailey bereinkarnasi kembali menjadi anjing lucu jenis Corgi yang diadopsi oleh seorang mahasiswi (Kerby Howell-Baptiste).

Singkat cerita, Bailey akhirnya masuk pada fase reinkarnasi terakhir, ketika ia menjadi anjing jenis Australian Shepherd yang dicampakkan.

Bailey kabur mengikuti indera penciumannya sampai ke ladang gandum yang sudah ia kenal. Di situlah ia kembali bertemu dengan Ethan tua (Dennis Quaid) yang hidup sendiri mengurus ladang.

Tetap belajar setia

Kesetiaan merupakan sesuatu yang mesti dilaksanakan dalam hidup sehari-hari. Kesetiaan menjadi keutamaan yang mesti dihidupi oleh setiap manusia. Mengapa? Karena melalui kesetiaan itu, orang dapat menjalani hidup ini dengan baik dan benar.

Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk tetap setia satu sama lain dalam hidup ini. Anjing itu setia kepada majikannya, apa pun yang terjadi dengan majikannya. Bahkan ia rela mengorbankan hidupnya demi keselamatan sang majikan.

Tentu saja ada nilai yang sangat tinggi ketika kita memperjuangkan kesetiaan dalam hidup. Nilai itu adalah kita membangun hidup bersama dengan orang lain.

Dalam hidup bersama, kita tidak hanya mengandalkan kepentingan diri sendiri. Kita mesti memiliki semangat berani berkorban sebagai wujud dari kesetiaan itu.

Mari kita terus-menerus membangun kesetiaan dalam hidup bersama. Dengan demikian, hidup kita menjadi kesempatan untuk membahagiakan diri dan sesama.

Tetap semangat, sahabat-sahabat. Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here