Dicari: Cewek Yang Mau Jadi Santa, Beata

0
1,048 views

HARI INI, seluruh dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Ribuan acara diselenggarakan sepanjang bulan Maret dimana-mana untuk merayakan prestasi wanita di ranah ekonomi, politik dan sosial.

Tahukah Anda berapa banyak wanita yang mendapatkan gelar santa dan beata dalam Gereja Katolik?

Ternyata jumlahnya lumayan: 750!

Para santa dan beata itu menerima pengakuan Gereja atas karya cinta kasih dan kesucian hidup mereka. Banyak dari mereka telah kehilangan nyawa demi pembelaan iman, sementara ada yang menunjukkan peran penting sebagai ibu dari para santo penting. Atau, beberapa karena peran besar untuk membangun umat Gereja Allah dan komunitas mereka.

Santa Monika, ibu Santo Agustinus, uskup Hippo dan doktor Gereja adalah salah contoh wanita yang menjadi teladan kesucian. Agustinus yang mulanya kafir bertobat karena doa tak kunjung henti dan teladan suci ibunya.

Santo Agustinus dalam bukunya yang berjudul “Confessions” mengungkapkan pelbagai kesannya yang mendalam akan ibunya.

Hari ini, berbagai organisasi, pemerintahan, lembaga karitatif beserta kelompok kewanitaan di seluruh penjuru dunia memilih beragam tema yang berbeda untuk diangkat. Hal itu mencerminkan kekayaan isu baik global maupun lokal menyangkut jender.

Di Italia, kabarnya para wanita menerima buket bunga mimosa berwarna kuning untuk merayakan hari indah bagi kaum hawa.

Sr. Toni Harris, promotor Keadilan dan Kedamaian dari Para Suster Dominikan International mengingatkan bahwa Gereja juga merayakan hidup dan sumbangan para wanita “sebagai saksi atas Injil yang hidup.”

”Saat kita merayakan Hari Perempuan Internasional, marilah kita membangun kembali komitmen kita untuk melanjutkan upaya untuk menciptakan dunia dimana wanita dan anak-anak perempuan dimanapun mendapat tempat terhormat, dihargai dan dipuja sebagai manusia yang tercipta sesuai dengan citra Allah,” kata Sr. Toni sebagaimana dikutip Radio Vatikan.

Anda tertarik? Siapa tahu Andalah sang santa dan beata masa kini.

 

Sumber: news.va

Daftar nama para Santa Gereja

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here