JOYFest 2018, Sinergi Berbagai Komunitas OMK KAJ Wujudkan Program Bersama (3)

0
239 views
JOYFest 2018 tanggal 11 September 2018.

SYAHDAN, seorang kawan OMK punya cerita demikian.

Pada bulan Juni tahun 2017 lalu, Gereja Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyelenggarakan kegiatan besar bernama Konferensi Keluarga Katolik Jakarta 2017. Kegiatan ini secara populer dikumandangkan dengan label K3J17.

Ini adalah gawé-nya Komisi Keluarga KAJ. Namun, dalam pelaksanaannya K3J17 itu banyak didukung dan disokong oleh banyak OMK KAJ.

Di situ, puluhan OMK lintas komunitas lantas bersinergi membantu terlaksananya K3J17. Yang terjadi kemudian, acara besar yang melibatkan ribuan orang itu bisa berjalan lancar dan sukses.

Dipertemukan bersama

Di forum K3J17 itu pula, para OMK lintas komunitas itu merasa telah ‘dipertemukan’ untuk saling mengenal satu sama lain. Dari forum itu pula, akhirnya persemaian pertemanan di antara mereka mulai muncul dan berkembang.

Barulah di kemudian hari dan di bawah naungan PEMIKAT (Pertemuan Mitra Kategorial) KAJ,  para OMK anggota-anggota komunitas kaum muda katolik itu berpikir ‘out of the box’.

Biasanya, kata mereka, masing-masing komunitas OMK Katolik itu sering mengadakan kegiatan internal yang ‘hanya diketahui’ oleh para anggota komunitasnya sendiri.

Lainnya tidak tahu dan juga merasa tidak perlu tahu.

JOYFest 2018: Saatnya OMK Temukan Kegembiraan dalam Keberagaman dan Pahami Isu Kekinian

‘Pecah telur’

Meretas persemaian persahabatan dan kerjasama lintas komunitas OMK dalam wadah bersama di PEMIKAT KAJ itulah, maka kemudian digagaslah sebuah kegiatan bersama yang akhirnya ‘pecah telur’ menjadi JOYFest 2018.

Di forum kegiatan bersama berlabel JOYFest 2018 inilah, para OMK lintas komunitas orang muda Katolik di organ PEMIKAT KAJ itu akhirnya bisa ‘melebur bersama’.

Mereka ini  menjadi satu forum komunitas  besar yang berkeinginan bersama mau mewujudkan ambisi positif mereka: merawat iman kristiani di antara kaum muda, merayakan imannya dalam Perayaan Ekaristi yang meriah, dan menemukan hiburan rohani berkwalitas.

Jadilah akhirnya sebuah ‘festival’ perayaan sekaligus penyegaran iman berhasil diretas dan kemudian akan dipentaskan dalam sebuah pogram acara national event bertitel JOYFest 2018.

Acara OMK lintas paroki dan komunitas

JOYFest 2018 berarti “Jakarta Catholic Youth Festival 2018”.

JOYFest 2018 akan berlangsung di ICE BSD, Serpong, Tangerang, hari Selasa tanggal 11September 2018; mulai pagi sampai menjelang tengah malam. Acara ini benar-benar akan berlangsung seharian penuh, diselingi jeda makan siang dan makan malam yang harus disediakan sendiri oleh para partispan (baca: penonton) acara ini dengan membawanya dari rumah atau membeli paket makan-minum di arena acara.

Merayakan keberagaman Indonesia

JOYFest 2018  mengusung tema “Joy in Diversity”.

Karenanya, JOYFest 2018 dengan semangat selalu mengumandangkan semangat bersama  yang berbunyi “Finding joy in diversity, how catholic youth deal with modern issue?”. (Berlanjut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here