Kasih Yesus Membawa Perubahan Hidup

0
117 views
Rasul Santo Paulus (ist)

Pesta Bertobatnya St. Paulus Rasul: Kis 22:3-16; Kis 9:1-22, dan Mrk 16:15-18

KISAH pertobatan St. Paulus menjadi sebuah kisah yang sungguh luar biasa. Kebencian Saulus terhadap pengikut Kristus membuat dia mau membunuh jemaat Kristus. Tetapi perjumpaan Saulus dengan Yesus dalam perjalanannya ke Damsyik mengubah hidupnya.

Ada kisah cinta di jalan ke Damsyik yang memberi warna baru, dan membawa perubahan yang sangat substansial dalam diri Saulus. Dia tidak sekedar mengubah nama, dari Saulus menjadi Paulus.

Perubahannya adalah perubahan seluruh diri, dan seluruh hidupnya: dari penganiaya dan pembunuh pengikut Tuhan Yesus, menjadi Rasul yang handal. St. Paulus menjadi rasul bangsa-bangsa.

Saulus bertobat dan rela memberi diri untuk dibaptis oleh Ananias. Dalam liturgi Gereja, pesta bertobatnya St. Paulus menjadi penutup Pekan Doa Sedunia.

Injil menceritakan tentang tugas perutusan para rasul sebelum Yesus terangkat ke surga: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makluk.” (Mrk 16:15).

Tugas murid-murid Yesus adalah mewartakan Injil Kerajaan Allah. Agar bisa menjadi pewarta Injil, diri dan hidup kita mesti bertobat.

Pertobatan yang dimaksudkan adalah sebuah pertobatan menyeluruh, tidak sekedar perubahan nama. Mesti ada kerelaan ditangkap oleh Kristus, dan memberikan diri untuk diubah oleh Kristus. Karena kasih Kristus itu mengubah kita.

Kiranya, kisah pertobatan St. Paulus dan semangat kerasulannya, memberi inspirasi untuk kita dalam melaksanakan tugas pewartaan kabar gembira dalam keseharian hidup kita. Amen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here