Lentera Keluarga – Cari Perkara Di Atas

0
282 views

Tahun C-1. Pekan Biasa XXIII
Rabu, 11 September 2019
Bacaan: Kol 3:1-11; Mzm 145:2-3. 10-13b; Luk 6:20-26.

Renungan:

“Carilah perkara yang di atas dimana Kristus ada…pikirkanlah perkara yang di atas…”. Paulus mengajak jemaat di Filipi untuk “hidup baru” yaitu hidup tidak hanya sibuk dan fokus untuk kepentingan duniawi saja dan tenggelam dalam dosa; tetapi mencari hal yang penting untuk kehidupan ilahi, mulia dan yang menentukan hidup abadi. 

Tuntutan kehidupan dan keinginan untuk mengejar kebutuhan hidup kadang membuat kita kurang dan bahkan lupa waktu untuk Tuhan dan membangun hidup kita. Kadang karena alasan bertahan hidup atau tuntutan kesuksesan pekerjaan, kitapun menghalalkan cara dan masuk dalam jerat dosa. Kadang nurani kita bertanya “sampai kapan hidup seperti ini kita geluti?” Semakin kita menunda untuk “hidup baru”, semakin diperlukan lebih banyak kekuatan untuk berbalik. 

Tuhan tetap menghendaki kita memperjuangkan hidup di dunia ini, mencari berkat dan berbagi berkat. Tetapi kita lakukan untuk kebaikan hidup kita dan hidup orang lain. Perbuatan baik sederhana yang kita lakukan dengan iman dan untuk Tuhan mendatangkan berkat bagi kita. 

Kontemplasi:

Gambarkan bagaimana seruan Paulus menantang iman jemaat di Kolose.

Refleksi:

Apakah di tengah kesibukanku dalam memperjuangkan hidup keluarga, aku tetap fokus pada pembangunan hidup imanku dan hidup abadi?

Doa: 

Ya Bapa, semoga dalam hidup dan pekerjaan sehari-hari, aku tidak hanya mencari berkat duniawi tetapi juga berkat dan bekal kehidupan surgawi. Amin.

Perutusan:

Berjuang dan bekerjalan untuk hidup anda di dunia dengan tetap fokus mengusahkan apa yang penting bagi hidup abadi anda.

(Morist MSF)- www.misafajava.org

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here