Lentera Keluarga – Harta Dalam Tanah Liat

0
260 views

Tahun C-1. Pekan Biasa X.

Jumat, 14 Juni 2019. 

Bacaan: 2 Kor 4:7-15; Mzm 116:10-11.15-16.17-18; Mat 5:27-32. 

Renungan:

KEKUATAN kuasa Allah dalam pelayanan Paulus diungkapkan dengan begitu indah : “Harta pelayanan kami sebagai rasul kami miliki dalam bejana tanah liat, supaya nyatalah bahwa kekuatan yang berlimpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami sendiri”. Sebagai pelayanan, Paulus tidak memandang dirinya sebagai “orang yang luar biasa”. Ia mengalami himpitan, habis akal, dianiaya, dihempaskan seakan-akan maut giat mengancam hidupnya; namun kekuatan salib  dan kebangkitan Kristus menjadi sumber kekuatan baginya untuk mengantar orang menjadi percaya. 

Sebagai pelayan dan misionaris, kita bukan orang yang sehat dalam segala, bisa dalam segala dan memuaskan dalam segala. Kita mengalami bahwa pemberian diri kita kadang tidak sepadan dengan harapan kita dapatkan. Kita mengalami penolakan, kadang ditinggalkan, sendirian, gagal, tidak dipercaya, merasa dimanfaatkan, kesulitan, tertolak dll. Jika kita tidak membawa kematian dan kebangkitan Kristus, kita akan mudah merasa berat, mengeluh, lelah dan akhirnya menyerah. Jika kita fokus pada kelemahan kita, maka kita akan rapuh seperti bejana tanah lihat. Namun, sebagai seorang pelayan dan misionaris Tuhan, kita harus fokus pada harta yang berlimpah yang Tuhan berikan pada kita dan melalui kita. Dengan ucapan syukur kita melayani Tuhan dan memenangkan jiwa-jiwa untuk beriman kepada Tuhan. 

Kontemplasi:

Gambarkan bagaiamana Paulus menyadari kesulitan dan tantangannya sebagai pelayan Tuhan tetapi juga menyadari betapa besar dan berlimpah berkat yang Tuhan berikan dalam dan melalui hidupnya. 

Refleksi:

Apakah dalam tugas pelayananku, aku fokus pada diriku sendiri ataukan aku fokus pada berkat dan pekerjaan Tuhan dalam dan melalui hidupku?

Doa

Ya Bapa, dalam rasa dan hati yang penuh syukur, sebagai bejana yang rapuh, aku melakukan panggilan pelayananku dengan membawa semangat kematian dan kekangkitan Kristus. Amin. 

Perutusan:

Dasarkanlah pelayanan anda bukan pada diri anda sendiri, tetapi pada berkat yang Tuhan berikan secara berlimpah dalam dan melalui hidup anda. 

(Morist MSF –  www.misafajava.org)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here