Mari Kita Bantu Kongregasi Suster OSA di Ketapang Selesaikan Pembangunan Auditorium (3)

0
1,430 views
Gambar bangunan auditorium tampak dari depan dan berada di kompeks persekolahan Suster Kongregasi OSA di Ketapang, Kalbar. (Dok. Arsip Kongregasi OSA)

KABUPATEN Ketapang di Provinsi Kalimantan Barat itu luas sekali wilayahnya. Bisa jadi, luasnya sebesar satu wilayah provinsi di Jawa.

Kabupaten Ketapang di Kalbar ini juga sangat kaya akan sumber alam, utamanya tambang dan hasil hutan.

Dulu, banyak perusahaan HPH pernah beroperasi di sini. Sekarang, sudah terjadi pergantian ‘musim’, karena di banyak areal kini sudah terhampar lahan perkebunan sawit dan pertambangan.

Banyak permukiman penduduk asli di pedalaman menjadi terisolir, karena terkepung areal perkebunan sawit dan lainnya. Akses masuk ke kawasan permukiman penduduk asli –masyarakat Dayak—di pedalaman luar biasa susah.

Asrama sekolah untuk menampung anak-anak Dayak dari pedalaman agar bisa tinggal hidup dan sekolah di “pusat kota” Ketapang. (Mathias Hariyadi)
Dua anak Dayak dari pedalaman yang tinggal di asrama sekolah Suster OSA di Ketapang tengah menimba air dari tandon. (Mathias Hariyadi)

Kalau beberapa anak pedalaman sudah bisa pergi ‘ke kota’ dan kemudian mampu bersekolah di Ketapang, maka hal itu sudah menjadi ‘prestasi’ luar biasa. Selain harus menanggung beban biaya transportasi yang besar, mereka juga harus menyediakan dana khusus untuk bisa bersekolah di “kota” yakni Ketapang, Ibukota Kabupaten Ketapang.

Beban biaya transportasi dari pedalaman ke ‘kota’ kini  sudah berhasil ‘ditiadakan’, ketika sekolah formal dengan fasilitas asrama juga telah tersedia di Kota Ketapang.

Salah satu pelaku karya pendidikan formal di Ketapang yang menyediakan sekolah dan asrama adalah Kongregasi Suster Santo Augustinus dari Kerahiman Allah (OSA).

Sekolah dan asrama di pusat kota

Di ‘pusat kota’ Ketapang itulah, Kongregasi Suster OSA telah meretas karya pendidikan formal, mulai dari tingkat PAUD hingga jenjang SMA dan SMK.

Oleh Kongregasi Suster St. Augustinus dari Kerahiman Allah (OSA) ini, jaringan sekolah formal mulai tingkat PAUD hingga SMA dan SMK dalam beberapa tahun ini  sudah tersedia di ‘pusat kota’ Ketapang: TK St. Theresia, SD St. Monica, SMP St. Augustinus, SMA St. Petrus, SMK St. Petrus.

Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di semua jenjang pendidikan formal di  ‘pusat kota’ Ketapang itu, Kongregasi Suster OSA memulai prakarsa membangun gedung auditorium untuk berbagai keperluan kegiatan yang sifatnya indoor.

Gedung auditorium ini terdiri dari beberapa lantai sesuai kondisi bangunan yang disaksikan Sesawi.Net di akhir bulan Februari 2018 lalu.

Yang kita perlukan sekarang adalah membantu Kongregasi Suster OSA bisa menyelesaikan projek pembangunan auditorium tersebut.

Dokumen pembangunan

Berikut ini kami sampaikan sejumlah arsip dokumen yang menggambarkan rencana pembangunan auditorium tersebut.

Surat tugas
Surat tugas.
Surat tugas.
Panitia pembangunan auditorium.
Surat tugas untuk para pelaksana pembangunan.

Latar belakang

Surat Keterangan Domisili.

Motivasi Sesawi.Net  ingin membantu para Suster Kongregasi OSA menyelesaikan projek pembangunan auditorium empat lantai itu kurang-lebih dilatarbelakangi oleh pertimbangan sebagai berikut:

  • Redaksi telah melihat sendiri kondisi projek pembangunan tersebut di Ketapang, Kalbar, bersama Sr. Lucia Wahyu OSA, Pemimpin Umum Kongregasi Suster St. Augustinus dari Kerahiman Allah (OSA) di akhir bulan Februari 2018 lalu.
  • Misi mulia Kongregasi Suster OSA memajukan Kabupaten Ketapang dan utamanya generasi mudanya melalui jalur pendidikan dengan menyediakan sekolah formal dan fasilitas asrama, serta nantinya gedung auditorium untuk berbagai kegiatan penunjang belajar dan aktivitas indoor lainnya.
  • Tersedianya sejumlah arsip dokumen pendukung mengenai projek pembangunan gedung.
  • Rekomendasi dari Otoritas Gereja Lokal c.q. Keuskupan Ketapang oleh Mgr. Pius Riana Prapdi.
Surat rekomendasi dari Keuskupan Ketapang yang mendukung projek pembangunan gedung auditorium ini. Surat rekomendasi ini dikeluarkan oleh Mgr. Pius Riana Prapdi, Uskup Keuskupan Ketapang. (Dok. Kongregasi OSA)

Prosedur donasi

Mari kita berdonasi untuk kepentingan Kongregasi Suster OSA dalam hal ini kegiatan projek menyelesaikan pembangunan gedung auditorium.

Berdonasi tidak selalu berarti harus menyumbang banyak. Sedikit pun itu juga sangat berarti, apalagi disertai niat tulus ingin berbagi berkat dan mengimplementasikan semangat iman berbelarasa dengan berbuat kebajikan.

Denah lantai tiga.
Denah lantai dua
Denah lantai satu.

Silakan salurkan niat Anda berbuat kebajikan tersebut melalui rekening resmi Kongregasi Suster OSA sebagai berikut:

  • Bank Mandiri Ketapang Norek 146-00 -0656011-9 a.n. Kongregasi Suster Santo Augustinus.
  • Subjek berita: Pendidikan Asrama.
  • Konfirmasi donasi  dengan mengirimkan notifikasi bukti transaksi transfer kepada Sr. Frederika Nerlia Nastaria Simarmata OSA: [email protected]
  • Bukti donasi bisa di-CC-kan ke [email protected] agar Redaksi bisa melakukan tukar informasi transaksi donasi dengan pihak Kongregasi OSA.
  • Laporan penerimaan donasi akan kami rilis secara berkala di www.sesawi.net.
Gambar bangunan auditorium yang berada di kompeks persekolahan Suster Kongregasi OSA di Ketapang, Kalbar. (Dok. Arsip Kongregasi OSA)
Tampak samping kiri.
Gambar tampak samping kanan (Dok. Arsip Kongregasi OSA)

Terima kasih atas budi baik para donatur semuanya. Gratia supplet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here