Pastor Samuel Maranresy MSC, Provinsial Baru Tarekat Imam MSC

0
361 views
Pastor Samuel Maranresy MSC, Provinsial Baru Tarekat Imam MSC. (Dok Provinsialat MSC)

DALAM pemilihan yang diikuti oleh semua anggota Provinsi MSC Indonesia, baik yang berada di Indonesia maupun di luar negeri dan dipancarkan melalui teleconference, pada 12 Februari 2020 lalu, akhirnya Pastor Samuel Maranresy MSC terpilih menjadi Pemimpin Provinsi (Provinsial) Tarekat Imam Misionaris Hati Kudus (MSC) yang baru.

Ia resmi menggantikan Pastor Johny Luntungan MSC yang mengakhiri tugasnya selama tiga tahun sebagai Provinsial Tarekat MSC sebelumnya.

Pemilihan kemudian dilanjutkan dengan pemilihan Wakil Pemimpin Provinsi dan yang kemudian terpilih adalah Pastor Florianus Miranta MSC.

Provinsial dan Wakil Provinsial Tarekat MSC yang baru: Pastor Samuel Maranresy MSC dan Pastor Florianus Miranta MSC.

Putera Tanimbar, Maluku Tenggara

Pastor Samuel lahir di Arui Bab, Tanimbar, Maluku, pada tanggal 5 Juli 1968. Ia mengikrarkan kaul-kaul pertama dalam Tarekat MSC pada 15 Juli 1989 dan ditahbiskan imam pada tanggal 16 Juni 1996.

Pada saat terpilih, Pastor Samuel Maranresy MSC sedang mengemban tugas menjadi Koordinator Tim Cor Vitae, yakni Tim Pembinaan antar Kongregasi-kongregasi MSC, Suster PBHK, dan Suster MSC se-Asia Pasifik yang berpusat di Manila.

Duet pemimpin baru Tarekat Imam MSC: Pastor Samuel Maranresy MSC dan Pastor Florianus Miranta MSC.

Sebelumnya, Pastor Sam pernah bertugas sebagai Pemimpin Novisiat MSC di Karanganyar, Kebumen, di Jateng dan Pemimpin Postulat MSC di Pineleng, Sulawesi Utara.

Sedangkan Pastor Miranta MSC adalah Pemimpin Komunitas MSC Daerah Jawa Tengah – Kalimantan Selatan selama dua periode yakni enam tahun. Sebelumnya, ia pernah bertugas di beberapa paroki baik di Keuskupan Amboina (seperti Pulau Buru) dan di Keuskupan Purwokerto.

Sebagai Wakil Provinsial, Pastor F. Miranta MSC secara ex officio menjadi Penasihat/Asisten I.

Serah terima tugas, jabatan dan tanggungjawab Provinsial dari pejabat lama Pastor Johny Luntungan MSC (kiri) kepada pejabat baru yang menggantikannya Pastor Samuel Maranresy MSC (kiri)

Dewan Provinsi

Para anggota Dewan Provinsi Harian (DPH) lainnya adalah:

  • Bruder Maxi Dumanau MSC (II).
  • Pastor Antonius Dwi Rahadi MSC (III).
  • Pastor Berry Pareira MSC (IV).

Serah terima tugas antara pemimpin yang lama dan baru sudah berlangsung pada tanggal  13 Februari 2020 lalu, sembari menunggu kedatangan Pastr Samuel dari Manila.

Serah terima ini disaksikan oleh Pastor Paulus Pitoy MSC, Asisten Pemimpin Umum di Roma.

Masa jabatan mereka akan berlangsung selama tiga tahun ke depan mulai 12 Februari 2020.

17-02-2020

J. Mangkey MSC

Ucapan selamat kepada Provinsial baru Tarekat Imam Misionaris Hati Kudus (MSC) – Pastor Samuel Maranresy MSC (kanan) dari pejabat lama. (Dok MSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here