Pelita Hati: 22.06.2019 – Tak Perlu Kuatir

0
633 views

Bacaan Matius 6:24-34

Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Mat 6:25.33-34)

Sahabat pelita hati,

RASA kuatir, was-was dan terkadang takut adalah bunga-bunga kehidupan manusia. Setiap dari kita pasti pernah mengalaminya. Namun menjadi tidak wajar jika  orang selalu kuatir akan hidupnya, masa depannya dan akan banyak hal. Sebuah nasehat bijak memgatakan, “orang yang selalu kuatir akan hidupnya adalah orang yang berusaha memindahkan beban di bahu Tuhan dan meletakkan pada bahu manusia yang rapuh dan lemah.”  Nasehat ini meu mengatakan bahwa inilah sikap manusia yang sedang memaksaksakan dirinya untuk mengandalkan kekuatannya rapuh dan lemah. Karenanya perlu menyandarkan diri pada Sang Sumber kekuatan, yaitu Tuhan.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini memberikan jawaban tegas tentang kedudukan Tuhan sebagai penjamin dan penjaga hidup manusia. Allah selalu menjaga, menopang dan menjamin hidup manusia. Ia takkan kehabisan kekuatan untuk menopang beban hidup manusia. Yang dibutuhkan adalah sikap berserah diri kepada Tuhan, terutama pada saat kita lemah tak berdaya. 

Sahabat terkasih,

Jika di hari-hari ini Anda sedang mengalami letih lesu dan berbeban berat hingga mengalami rasa kuatir yang berlebih semoga pelita sabda hari ini dapat meneguhkan asa-pengharapan dan meneduhkan hati Anda. Terpenting kita  mau datang kepada Tuhan dan bersimpuh di hadapan-Nya sambil mempersembahkan seluruh hidup dan hati kita kepada-Nya. Jangan takut dan kuatir karena Dia selalu menopang dan menjaga kita.

Bertamasya ke negeri Jiran,
jangan lupa membeli intan.
Kepada Tuhan kita serahkan kekuatiran,
Dia kan beri kekuatan.

Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here