Pewartaan di Tengah Pandemi Covid–19

0
155 views
Pewartaan Paroki Katedral Malang.

“PEWARTAAN kabar baik tidak bisa dibendung oleh pandemi covid-19, pewartaan kepada umat beriman terus dilaksanakan, apalagi yang ada keterkaitan dengan Kalender Liturgi,” demikian kata Ketua Bidang Pewartaan Paroki Katedral Malang Ibu Maria Deodata.

Selanjutnya, beliau sampaikan, “Katekese Iman, Bina Iman Anak, dan Pembekalan calon penerima komuni pertama jalan terus, hanya metodenya yang berbeda yakni dalam jaringan.”

Pada masa normal di Paroki Katedral Malang katekese iman secara rutin dilaksanakan setiap bulan sekali dengan nara sumber Pastor Paroki.

Katekese iman ditujukan kepada seluruh umat paroki namun karena ketersediaan tempat maka yang diundang hadir anggota Seksi Pewartaan Lingkungan. Pelaksanaanya bisa di dalam gedung gereja atau gedung Pusat Pastoral Widya Bhakti.

Pada Mei 2020 ketika pandemic covid-19 menyebar dimana-mana dan ada himbauan untuk tidak berkerumun serta menjaga jarak maka katekese iman dilaksanakan dalam jaringan melalui kerja sama bersama Biro Umum Paroki.

Pada Jumat 8 Mei 2020 bertema, “Allah dan Maria”

Pewartaan Paroki Katedral Maalang

Bina iman anak

Selama ini perjumpaan antara Suster Donata PIJ dengan Anak-anak Minggu gembira sangat menggembirakan bagi anak-anak karena disana mereka bisa berdoa bernyanyi bermain mendengarkan Sabda Tuhan dan cerita-cerita bijak dengan gembira. 

Kepiawaian suster dan kakak-kakak pembina dalam menyampaikan pesan sungguh memikat mereka, maka pada masa pandemi yang sudah berlangsung dua bulan dimana mereka harus tinggal di rumah mereka rindu untuk berkumpul dan berjumpa seperti yang selama ini terjadi di Gedung Pusat Pastoral Widya Bhakti.

Pewartaan Katedral Maalang.

Untuk mengobati kerinduan dan menghibur anak-anak Suster Donata PIJ beserta kakak pembina tetap hadir secara virtual dengan membuat video pendek untuk disimak dan diikuti oleh anak-anak.

Sebagai contoh pada Minggu 17 Mei 2020 hadir melalui kanal youtube video bina iman anak berisi ajakan bernyanyi, mendengarkan Sabda Tuhan  dan ketrampilan mewarnai serta memotong gambar.

Persiapan Komuni Pertama

“Pada Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus Tahun A/II Minggu 14 Juni 2020 dalam jadwal kegiatan Bidang Pewartaan akan berlangsung penerimaan komuni pertama atau Sakramen Ekaristi di Paroki oleh Pastor Paroki kepada lima puluh anak,”demikian kata Ketua Seksi KIS Ibu Maria Endang.

“Mereka anak-anak berkesempatan  dua kali mengikuti pembinaan dalam kelas di SD Santa Maria II Malang, namun sekali lagi karena pandemi, maka mulai tanggal 29 Maret 2020 pembinaan dilaksanakan dalam jaringan.”

Pewartaan Paroki Katedral Maalang.

Awalnya anak-anak mengerjakan tugas-tugas seperti yang tercantum dalam buku yang dibuat oleh Bidang Pewartaan dengan pendampingan orangtua.

Tahap berikutnya para pembina yakni Frater SMM dan Frater Projo dari Seminari Tinggi Inter-Diosesan Malang membuat video blog yang berisi pengajaran sesuai tema yang sudah direncanakan dalam masa pembinaan, misalnya tema “Yesus Sahabat anak-anak” dan “Minggu Panggilan”.

Video blog ini dikirimkan ke grup wa orangtua anak calon penerima komuni pertama.

Anak-anak mengerjakan pesan yang diperoleh dengan bimbingan orangtua kemudian hasil kerja difoto untuk disampaikan kepada Tim Pembina untuk dikoreksi.

Ternyata model seperti ini juga baik bagi keluarga masing-masing, dialog iman antara orangtua dan anak terbangun, komunikasi orangtua dan anak semakin baik, bahkan ada orangtua yang menyampaikan kalau bahan-bahan pembinaan membantu beliau untuk introspeksi atas apa yang dia perbuat selama ini kepada putera-puterinya. 

Kredit foto: Bidang Pewartaan Paroki Katedral Malang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here