Program Pembekalan 1: Sukacita Keuskupan Agung Pontianak Songsong Jamnas SEKAMI 2018 (1)

0
255 views
Program pembekalan tahap 1 mengisi hari-hari penuh harapan dan penantian di hati setiap partisipan Jamnas SEKAMI 2018 yang akan berlangsung di Keuskupan Agung Pontianak, awal Juli 2018. (Vincent Dimas/KAP)

HARI-hari H semakin dekat. Di Pontianak tanggal 29-31 Mei 2018 lalu berlangsung program Pembekalan Tahap 1.

Ini dalam rangka “menghitung hari”, ketika semua partisipan dalam emosi super semangat menghitung hari guna menantikan event besar yang selama ini selalu dinanti– nantikan segera terlaksana. Yakni, Jambore Nasional (Jamnas) SEKAMI tanggal 3-6 Juli 2018 mendatang yang semakin mendekat.

34 hari menanti dengan hati yang mendebarkan, karena Keuskupan Agung Pontianak akan menerima kunjungan rombongan besar terdiri adik–adik SEKAMI dari seluruh penjuru Nusantara.

Mereka datang membawa sukacita untuk berbagi dalam semangat kebhinnekaan di mana satu dengan yang lainnya bersemangat untuk saling memperkaya Gereja Katolik Indonesia dengan nilai dan semangat Injili.

Pembekalan di dalam ruangan.
Membuat akrab satu sama lain.
Memupuk kebersamaan.

Pembekalan tahap 1

Hari-hari lalu, tanggal 29–31 Mei 2018 dan mengambil tempat di aula Rumah Khalwat Suster KFS, sebanyak 155 peserta utusan Jamnas Keuskupan Agung Pontianak bersatu semangat untuk berkumpul bersama membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang hangat.

Hal ini perlu dibangun sebagai pijakan awal guna menyatukan jiwa dan semanga serta membulatkan hati agar pada saatnya nanti  lebih siap dan mantap mengikuti Jamnas nanti.

Kegiatan pembekalan ini dibuka dengan Perayaan Ekaristi di Gereja Paroki MRPD yang dipimpin oleh Dirdios KKI KAP (Direktur Diosesan, Karya Kepausan Indonesia, Keuskupan Agung Pontianak) Pastor Gregorius Sabinus CP bersama Romo Yustinus Andi Jatmiko sebagai konselebran.

Pembekalan di luar belajar bertahan di bawah terik matahari.
Belajar memiliki daya tahan dan semangat berjuang.

Bersama tim KKI KAP, seluruh peserta akan diajak selama 3 hari 2 malam ini untuk melewati hari–hari dengan selebrasi, edukasi, dan animasi yang akan dikemas dengan menarik oleh pastor,  para frater, dan suster yang akan menjadi sahabat bagi anak dan remaja kita di tempat itu.

Proses ini dilakukan juga berguna untuk membiasakan mereka dengan situasi yang akan mereka hadapi ketika Jamnas nanti.

Kerja sama, keakraban, dan rasa nyaman antar partisipan lokal.

Meskipun beberapa peserta tidak dapat hadir karena terbentur dengan jadwal ujian akhir sekolah, namun semangat mereka sudah sungguh terasa ada di antara mereka sejak dilaksanakannya Jamnas pre-event pada tanggal 16-18 Maret  lalu di Dekanat Kota.

Semangat berbagi sudah dimiliki oleh generasi muda Gereja Katolik Indonesia.  Itu sungguh sangat sejalan dengan tema besar Jamnas SEKAMI 2018 di Keuskupan Agung Pontianak: “Berbagi Sukacita Injil dalam Kebhinnekaan.”

Semoga semangat ini juga semakin membumi di Tanah Borneo dan hidup dalam diri setiap anak dan remaja kita.

Hidup SEKAMI. Salam dari Tanah Borneo.

 

Sr. Laura SFIC, Sekretaris KKI KAP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here