PW St. Sirilus-Pertapa dan Metodius-Uskup

0
168 views
Santo Sirilus dan Santo Athanasius

1Raj 11:29-32; 12:19; Mrk 7:31-37

KEDUANYA adalah kakak dan adik yang lahir di Saloniki, Yunani. Keduanya memilih menjadi misionaris. Keduanya menekankan inkulturasi lokal, terutama penggunaan bahasa setempat untuk pewartaan.

Kitab suci dan doa-doa diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia. Liturgi pun dirayakan dalam bahasa daerah. Dukungan Sri Paus membuat usaha mereka luar biasa dengan hasil yang gilang-gemilang.

Penginjil Markus melihat orang yang bisu dan tuli sebagai situasi manusia yang menutup diri bagi sapaan kasih Allah. Mereka tidak mampu mendengar dan mengucapka syukur kepada Allah.

Sering kali kita bangga dengan apa yang kita miliki sekarang: kehidupan yang mapan, kebahagiaan dan sukacita dalam hidup. Kebanggaan yang mengarah kepada kesombongan yang membuat orang bisu dan tuli.

Saya sering berada di antara anak-anak yang bisu dan tuli. Komunikasi dilakukan dengan cara verbal. Kelompok bisu dan tuli mesti berkomunikasi isyarat.

Ada proses dalam menyembuhkan orang bisu tuli ini. Yesus mau agar setiap orang boleh siap dan bisa mendengarkan Sabda Tuhan dan nasihat bijak. Dan setelah mendengarkan Firman

Tuhan dan mengalami belas kasih Allah, Yesus mau agar dia sanggup memuji dan memuliakan Tuhan. Kita boleh berharap dan mendoakan agar kita semua diberkati oleh Tuan Deo.

Berkat iman, pembaharuan hidup menjadi manusia baru bagi rahmat dan karunia Allah. Semoga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here