SLB/C Karya Bakti Santo Laurensius Purworejo untuk Pendidikan Khusus Tunagrahita (2)

8
6,234 views

SEKOLAH khusus untuk anak-anak penderita tuna grahita ini bernama SLB/C Karya Bakti. Lokasinya berada di Dusun Boro Wetan, Kota Purworejo, Jawa Tengah.

Setelah tokoh perintis sekolah khusus ini meninggal yakni Br. Laurensius Harsoprayitno FC tahun2002, SLB Karya Bakti ini lalu mengambil pelindung St. Laurentius. Orang kudus ini menurut riwayatnya adalah rasul yang melayani umat dan akhirnya meninggal sebagai martir.

Tak jauh dari SLB Karya Bakti Santo Laurenius, berdiri pula komplek biarawan Komunitas Bruder Karitas. Sejak diresmikan tahun 2004 silam, kompleks bruderan ini juga menyandang nama  Santo Laurensius. Semua itu untuk mengenang para perintis karya mulia ini.

Sayang sekali, peristis awal ketika gagasan ingin mendirikan SLB yakni Bruder Benignus FC sudah keburu meninggal dunia tahun 1979, jauh-jauh hari sebelum SLB Karya Bakti Santo Laurensius akhirnya resmi berdiri dan sekolah khusus ini dimulai.

Layanan pendidikan

SLB/C Karya Bakti di Boro Wetan, Kota Purworejo ini  meliputi dua unit, yakni: Pendidikan SDLB/C (tingkat Sekolah Dasar untuk kategori anak tunagrahita) dan Pendidikan SMPLB/C (tingkat SMP untuk kategori anak tunagrahita). (Baca juga:  Bruder Karitas (FC) di SLB-C Karya Bakti Purworejo Layani Pendidikan Khusus Tunagrahita (1)

Anak-anak yang diterima di SLB ini beragam. Baik yang di sekolah maupun di asrama menerima baik siswa putra dan putrid. Menerapkan prinsip pendidikan co-education, proses belajar-mengajar ada di kompleks yang sama, namun mereka tinggal di unit-unit asrama tersendiri.

Hingga saat ini, jumlah murid tercatat sebanyak 70 anak. Yang tinggal menetap di asrama berjumlah 20 anak. Yang kami didik adalah mereka yang biasa masuk dalam kategori anak-anak dengan tingkat intelegensi debil dan embisil. Jadi mereka itu termasuk anak-anak yang mampu latih.

Intelegensi normal ke atas : mampu didik, anak-anak bisa di sekolah umum.

Intelegensi embisil – debil: mampu latih.

Intelegensi idiot : mampu rawat ( ini yang hidupnya hanya dirawat, tak bisa berbicara, bahkan tak bisa bangun-berjalan).

Beberapa tahun terakhir ini juga dikembangkan layanan pendidikan untuk bisa menangani  anak-anak berkebutuhan khusus autis

Di SLB/C tersebut ada 120 anak berkebutuhan khusus tunagrahita yang umumnya mereka berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. (Selesai)

Situs resmi SLB Karya Bakti Santo Laurensius asuhan para Bruder-bruder Karitas (FC) adalah slbckaryabakti.tripod.com/

8 COMMENTS

  1. Rehabilitasi KUNCI di Yogyakarta untuk membantu korban narkoba didirikan tahun 2004.

    Rehabilitasi KUNCI ini beda dengan SLB / B yang ada di Purworejo Kedu Jawa Tengah.

  2. Salam sejahtera,

    Mohon info nomor telepon yang bisa dihubungi. Kami ingin informasi lebih lanjut tentang SLB C Karya Bakti dan asramanya.

    Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here