Unika Musi Charitas Palembang: Pelatihan dan Lomba untuk Tingkatkan Kualitas Penggunaan Bahasa

0
135 views
Program pengabdian masyarakat Unika Musi Charitas Palembang. (Ist)

Para dosen dan beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Musi Charitas (PBI UKMC) pada tanggal 25 April 2019 sukses mengadakan pengabdian masyarakat di SMA dan SMK Methodist 2 Palembang.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang diadakan di sekolah yang bernaung di Gereja Methodist berbahasa Tionghoa (GMI Bethlehem) Palembang tersebut terbagi dalam kegiatan pelatihan dan lomba.

Kedua kegiatan tersebut dibagi lagi dalam tiga tema, yakni pelatihan dan lomba public speaking, pelatihan dan lomba jurnalistik, dan Minggu literasi.

Tampil pede di depan umum

Dosen PBI UKMC bekerja sama dengan dosen prodi Manajemen memberi pelatihan public speaking dan jurnalistik. Pelatihan public speaking diadakan pada tanggal 25 April Sebanyak 28 siswa kelas X dan XI SMA dan SMK Methodist 2 hadir sebagai peserta.

Selain diberi materi dan bekal untuk lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum, baik menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia, peserta juga mengikuti simulasi share opinion bersama pemateri.

Pelatihan jurnalistik diadakan pagi hari  tanggal 26 April 2019. Sebanyak 27 siswa kelas X dan XI SMA dan SMK Methodist 2 hadir sebagai peserta.

Hadiah penghargaan untuk peserta pemenang. (Ist)

Dalam pelatihan jurnalistik ini, ada 3 materi yang diberikan oleh tiga narasumber berbeda, yakni pelatihan menulis esai tentang dunia bisnis, pelatihan menulis cerpen, resensi film, dan hasil wawancara, serta pelatihan menulis opini.

Sedangkan kegiatan Minggu literasi berfokus pada kegiatan gemar membaca yang diadakan di perpustakaan sekolah.

Sebanyak 42 siswa kelas X dan XI SMA dan SMK Methodist 2 hadir sebagai peserta Minggu Literasi.

Sebelum membaca dan meringkas isi buku, peserta diberi materi terlebih dahulu mengenai kebiasaan membaca dan langkah-langkah membuat ringkasan buku.

Pendidikan jurnalistik

Ketiga jenis pelatihan tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni sebagai sarana untuk menyalurkan minat dan bakat siswa dalam berbicara di depan umum, menulis, maupun membaca.

Para siswa SMA dan SMK Methodist 2 memiliki berbagai bakat yang sudah ada dalam diri mereka.

Hanya kebanyakan dari mereka kurang menyadari bakat itu. Oleh karena itu, setelah mengikuti pelatihan, peserta diarahkan untuk mengikuti lomba public speaking dan lomba jurnalistik.

Lomba public speaking terdiri dari dua jenis lomba, yakni lomba share your opinion dan lomba pidato. Sedangkan lomba jurnalistik terdiri dari lomba Menulis Esai dalam Bahasa Indonesia dan Wall Magazine Bahasa Inggris, dengan tema reading literacy.

Hasil ringkasan peserta Minggu Literasi pun dinilai dan dilombakan. Dengan mengikuti lomba-lomba ini, para siswa akan menjadi lebih percaya diri dan menyadari potensi yang telah ada dalam diri mereka.

Lomba-lomba tersebut diadakan 10 Mei 2019 di kompleks Sekolah Methodist 2.

Para peserta antusias mengikuti lomba. Kepala Sekolah SMK Methodist 2 Bapak Andar menyampaikan hal ini. “Kegiatan ini sangat positif. Harapannya dengan kegiatan ini, penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dapat semakin ditengkatkan baik itu kualitas maupun dalam frekuensi.”

Pendamping kegiatan sekaligus Sekretaris Prodi PBI UKMC penulis menyampaikan pada pidato penutupan kegiatan bahwa kegiatan ini membawa dampai mutualisme antara pihak sekolah dan kampus.

“Kegiatan ini sungguh memberi manfaat bukan hanya pihak sekolah, tetapi juga pihak kampus, dalam hal ini mahasiswa. Mahasiswa prodi pendidikan ini mendapatkan pengalaman bermakna dengan berproses langsung dengan pihak sekolah dan menjadi bagian dari civitas yang ada di sekolah ini,” ungkapnya.

Harapannya, mahasiswa belajar menjadi tenaga kependidikan yang baik dengan mengimplementasikan nilai-nilai UKMC: Champion (Charity, Humanity, Altruism, Managerial Capacity, Persistence, Open Mindedness, Novelty.

Pada akhir kegiatan, para pemenang lomba mendapat sertifikat dan piala dari panitia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here