Babak Baru Sejarah Italia, Sosok Ultra Kanan Giorgia Meloni Jadi PM Perempuan Pertama

0
314 views
PM Italia Giorgia Meloni (AP via Le Monde)

ITALIA kini menjalani babak baru dalam sejarah politiknya. Ditandai dengan tampilnya sosok partai politik ultra kanan dan naiknya perempuan pertama Negeri Pizza ini sebagai perdana menteri.

Giorgia Meloni adalah simbol historis atas perjalanan babak baru sejarah politik Italia modern. Inilah PM Italia pertama dari sayap politik ultra kanan sejak Benito Mussolini – tokoh politik Italia dari sayap kanan dan bahkan dikenal sebagai pemimpin fasis.

Meloni tampil menang dalam pemilu Italia dan ia berasal dari Partai Para Saudara Italia yang berhaluan sayap kanan.

“Tuhan, Tanahair, dan Keluarga”

Pamornya di jagad politik Italia meroket sejak partainya mengusung slogan bertajuk “Tuhan, Tanahair dan Keluarga”.

Mengapa Tuhan? Karena Meloni adalah sosok Katolik puritan. Mengapa tanahair, karena dia berasal dari parpol ultra kanan alias radikal. Mengapa keluarga menjadi penting? Karena Meloni konon dikenal sebagai sosok perempuan anti LGBT, anti euthanasia, dan juga anti aborsi.

Konservatif garis keras

Menurut teman dari Milano -seorang perempuan WNI yang menikah dengan pria lokal Italia- kemenangan Meloni konon didukung oleh ormas-ormas Katolik di Italia yang juga beraliran “garis keras”.

Partainya berasal dari kelompok neo-fasis Italia dan itu, kata Meloni, karena dia hanya mewarisi fakta sejarah saja. Yang pasti, sosoknya dikenal sebagai politisi -meski baru- namun punya garis kebijakan konservatif-keras atas berbagai masalah sosial kemasyarakatan.

Ia baru masuk kancah panggung politik tahun 2006 silam dengan bergabung masuk dalam Partai Aliansi Nasional yang ideologinya sedikit fasis karena “mengadopsi” garis-garis kebijakan model Mussolini.

Layaknya seperti Perempuan Besi Margareth Thatcher

Bahkan waktu masih muda, Meloni sendiri mengakui dia sangat mengagumi sosok diktator Italia zaman Perang Dunia II ini.

Steve Banon, mantan penasihat politik Presiden Trump, bahkan pernah menjuluki Meloni ini mirip-mirip Margareth Thatcher – si “Iron Lady” perempuan besi yang menjadi PM Inggris dan berani mengambil keputusan perang merebut Falklands Island dari kekuasaan Argentina tahun 1982.

Sudah barang tentu, Meloni juga ngefans sama mantan PM Silvio Berlusconi.

Sumber: CNN International, BBC International, Le Monde.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here