Donasi Kacamata Baca di Manokwari, Papua Barat: Antusiasme Masyarakat Sampai Melebihi Ekspektasi

0
119 views
Donasi kacamata baca di Manokwari, Papua Barat. (Riwi Nugroho)

SEKSI Sosial dan Usaha Dana Dewan Pastoral Paroki bekerjasama dengan Yayasan Bina Insan Nusa Griya Jakarta membagikan kacamata baca gratis. Diberikan kepada 390 lebih umat Katolik se Manokwari dan juga masyarakat umum.

Penyerahan donasi kacamata baca dilakukan oleh Tim Relawan Sosial Paroki Imanuel, Selasa 8 Agustus 2023, pukul15:00–19:00 WIT di halaman parkir Gereja Imanuel Sanggeng, Manokwari, Papua Barat.

Program donasi kacamata baca di Manokwari, Papua yang diprakarsai oleh Paroki Imanuel Sanggeng. (Riwi Nugroho)

Membantu keluarga pra sejahtera

Penyerahan kacamata baca gratis ini dilakukan dalam rangka memperkenalkan program sejuta kacamata bagi keluarga pra sejahtera. Selain itu, program ini juga menjadi ajang belajar bagi seksi sosial DPP.

Untuk membuat program kerja yang bukan hanya bermanfaat bagi umat Katolik saja, namun juga masyarakat umum. Semua orang yang membutuhkan alat bantu membaca; terutama mereka yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

“Bakti Sosial pembagian kacamata baca gratis ini melalui proses pendaftaran, pemeriksaan kadar kondisi mata yang menyesuaikan dengan contoh kacamata yang telah disiapkan,” kata Bpk Anton Fatubun, koordinator relawan.

Program donasi kacamata baca untuk masyarakat umum di Manokwari, Papua. (Riwi Nugroho)

Sangat bermanfaat bagi mereka yang butuh alat bantu baca

Pastor Philipus Sedik OSA sebagai pastor paroki berharap, semoga kegiatan bakti sosial ini bisa menjadi hal bermanfaat bagi semua saja yang membutuhkan.

Imam Ordo Santo Agustinus ini juga merasa takjub. Karena di luar dugaan, animo antusias umat sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan kacamata baca sangatlah diperlukan.

“Kita mendapatkan berkat dari Allah bukan kita nikmati sendiri, tapi kita berbagi kepada masyarakat, Kami dari seksi sosial dan usaha dana Dewan Paroki Imanuel bersama Yayasan BING akan berupaya membantu umat dan masyarakat semampu kekuatan  kami,” ungkap pastor.

Ia berpesan agar umat yang belum mendapat kacamata sesuai ukurannya untuk sedikit bersabar; menantikan pasokan kacamata sesuai ukurannya yang akan dikirimkan dalam waktu dekat. Semoga tidak ada kendala dalam transportasi atau ekspedisinya.

Para penerima manfaat donasi kacamata baca yang diprakarsai Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari, Papua Barat. (Riwi Nugroho)

Lebih baik lagi kalau jadi program tahunan

Sementara itu di waktu yang sama, Bpk Leo Pararaway sebagai umat yang menerima manfaat mengungkapkan berikut. Kegiatan bakti sosial ini sangat baik. Menjadi lebih baik lagi, jika dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilakukan di kabupaten Manokwari.

“Puji Tuhan dan terimakasih kepada DPP dan Yayasan BING yang telah memberi kesempatan kepada semua penerima manfaat kacamata ini yang telah mengalami gangguan penglihatan untuk tetap aktif dalam berkatifitas sehari hari. Ini sangat bermanfaat,” tutur Ibu Jacklyn Kadmaerubun.

Habis hanya dalam sehari saja

Dikarenakan stok kacamata telah habis, maka kegiatan Pembagian Kacamata Baca ini berakhir satu  hari saja dari yang semula direncanakan akan berlangsung dua hari.

Padahal, umat dan masyarakat masih bertanya-tanya masih adakah stok kacamata. Namun kami sarankan menunggu episode pembagian selanjutnya.

Demikian disampaikan oleh G. Prasetyo selaku Sekretaris Dewan Paroki Gereja Katolik Imanuel Sanggeng Keuskupan Manokwari-Sorong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here