Dubes Laurentius Amrih Jinangkung: Konsili Vatikan II, Reformasi Nyata Gereja Katolik

0
442 views
Dubes Laurentius Amrih Jinangkung SH, LLM. (Dok. Amrih Jinangkung)

DUBES Laurentius Amrih Jinangkung adalah alumnus Kolese de Britto Yogyakarta. Usai lulus Fakultas Hukum di UGM dan kemudian studi lanjut di Cornell Law School, New York, Amrih lalu menempuh karier panjang sebagai diplomat di Kementerian Luar Negeri RI.

Jabatan prestisius sebagai Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan telah direngkuhnya kurun waktu 2021-2022, setelah sebelumnya sebagai diplomat berkarier di KBRI Washington DC, KBRI Den Haag Negeri Belanda, dan KBRI Wina Austria.

Dubes RI untuk Vatikan HE Laurentius Amrih Jinangkung saat menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Paus Fransiskus di Vatikan tanggal 7 November 2020. (l’Osservatore Romano)

Proaktif kampanyekan berita positif tentang Indonesia

Sebagai Dubes RI untuk Vatikan, Dubes Amrih Jinangkung sangat proaktif mengkampanyekan Indonesia ke panggung internasional melalui pergaulan intensifnya dengan kalangan diplomatik di Roma.

Bahkan, atas prakarsanya sendiri, Dubes Amrih mencoba dan ingin merangkul Kantor Pers Vatikan untuk agar mereka semakin sering meliput berita-berita Indonesia. Dilakukan antara lain dengan mengadakan rapat bersama antara sejumlah wartawan Katolik Indonesia di Jakarta dengan Kantor Media Vatikan.

Langkah reformasi nyata Gereja Katolik

Kini, Ikatan Alumni Fakultas Filsafat Teologi Universitas Sanata Dharma (IKAFITE) ingin menggelar kegiatan acara Peringatan 60 Tahun Konsili Vatikan II, Sabtu 15 Oktober 2022.

Dubes RI untuk Vatikan HE Laurentius Amrih Jinangkung

Dengan semangat, Dubes Amrih Jinangkung -kini menjabat Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kemlu RI- mengungkapkan apresiasinya atas inisiaitif menggelar acara Peringatan 60 Tahun Konsili Vatikan II.

“Konsili Vatikan II adalah tonggak sejarah reformasi Gereja Katolik Semesta,” ungkapnya dalam pesan video.

“Semoga buah-buah semangat pembaharuan itu semakin menjadikan kita -umat Katolik Indonesia- semakin 100% Katolik, 100% Indonesia dalam konteks upaya baik untuk bermasyarakat dan bernegara,” tutur Dubes Laurentius Amrih Jinangkung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here