Iman dan Pengalaman di Temu Karya Komisi Kerasulan KS Regio (2)

0
2,435 views

HARI  kedua, Selasa, 17 April 2012,  acara Temu Karya dilanjutkan dengan syeing karya dan pelaksanaan Bulan Kitab Suci Nasional  2012 dari masing-masing keuskupan.  Pada kesempatan tersebut para peserta diberi kesempatan untuk saling memperkaya pengalaman dalam melaksanakan kegiatan kerasulan Kitab Suci di masing-masing keuskupan.

Sore harinya, acara berlanjut dengan presentasi Pendalaman Kitab Suci selama  BKSN 2011 dari masing-masing keuskupan. Dalam presentasi ini yang lebih disorot adalah metode-metode pendalaman yang dipakai untuk memudahkan pemahaman dan keterlibatan peserta dalam pendalaman Kitab Suci.  Tiap keuskupan diberi kesempatan untuk mempresentasikan pendalaman Kitab Suci dari satu kategori/kelompok peserta.

Pendalaman Kitab Suci untuk kategori Anak-anak disampaikan oleh Keuskupan Malang dan Bogor, kategori Kaum Muda disampaikan oleh Keuskupan Surabaya, Keuskupan Agung Jakarta, dan Keuskupan Agung Semarang. Sedangkan untuk kategori dewasa disampaikan oleh Keuskupan Bandung dan Purwokerto.

Dalam syering karya dan presentasi pendalaman Kitab Suci ditemukan berbagai metode  yang dapat digunakan  sekaligus memperkaya pemahaman para peserta. Disebutkan beberapa metode pendalaman Kitab Suci yang dapat digunakan antara lain: bibliodrama, metode tujuh langkah, lectio  divina, permainan dan lagu, kreasi seni, narasi,  audio-visual, dan gerak dan lagu.  Kegiatan presentasi dari masing-masing keuskupan sesuai dengan kategori disimpulkan oleh Romo Hari Kustono Pr dengan menawarkan kepada tiap keuskupan untuk mengumpulkan dan menuliskan metode-metode yang digunakan dalam pendalaman Kitab Suci dan menjadikannya sebagai sebuah buku pegangan bagi para pemandu.  Dan usulan ini disetujui oleh perwakilan keuskupan yang ada.

Wisata keakraban

Pada hari ketiga, Rabu, 18 April 2012, para peserta menggunakan kesempatan untuk rekreasi bersama dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada seperti  Taman Reptil dan tempat rekreasi Owabong di Purbalingga. Setelah dari Purbalingga dilanjutkan dengan mengunjungi kerkop dimana uskup dan para imam dimakamkan di Kaliori-Banyumas.  Malam harinya diadakan acara  malam keakraban.

Pada hari keempat, Kamis, 19 April 2012 para peserta diajak untuk menyimak  pemaparan tentang Lembaga Biblika Indonesia yang disampaikan oleh Romo  Stanislaus Surip OFMCap. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan gagasan Pendukung BKSN 2012 oleh Romo  Ant. Hari Kustono Pr.

Dalam sesi ini Romo Hari  menjelaskan tema besar yang akan menjadi  fokus perhatian yakni tentang mukjizat-mukjizat Yesus.  Tiap keuskupan diberi kepercayaan untuk mendalami tema ini dan menyiapkannya menjadi suatu bahan pendalaman  yang siap pakai dan dapat digunakan dalam tiap kategori. Akhir dari seluruh kegiatan Temu Karya Komisi Kerasulan Kitab Suci Regio Jawa 2012 ditandai dengan penggantian Koordinator Komisi Kerasulan Kitab Suci Regio Jawa dari Romo Ant. Hari Kustono Pr kepada Romo Adi Indiantono Pr dari Keuskupan Bogor. (Selesai)

Link: 

Temu Karya Komisi Kerasulan KS Regio Jawa 2012 (1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here