Jangan Pernah Bosan Berbuat Baik, Donasi Seminari Melalui Gerakan Orangtua Seminari (GOTAUS) – 2

0
440 views
Ilustrasi: Sang Jubilaris Mgr. Agustinus Agus yang merayakan HUT tahbisan imamatnya 40 tahun bersama Mgr. Hieronimus Bumbun OFMCap dan para imam di Seminari Antonio Ventimiglia di Siantan. (Ist)

KEBERADAAN dan keberlangsungan setiap Seminari Menengah) dan Seminari Tinggi secara umum menjadi tanggungjawab keuskupan sebagai pemilik lembaga pendidikan dan pembinaan calon imam.

Meski demikian, partisipasi umat Katolik Indonesia terhadap eksistensi seminari kian hari juga semakin besar.

Itu karena, umat merasa ikut bertanggungjawab juga atas program pembinaan para seminari – mereka itu para calon imam masa depan.

109 Tahun Seminari Mertoyudan tanpa Palem Raja. (Ist)

Mutu asupan gizi seminaris

Dalam konteks inilah, GOTAUS yang merupakan mitra kerja Komisi Seminari KWI lalu ikut berperan serta. Ingin bisa ikut serta “merawat” dan menjaga mutu asupan gizi para seminaris di Seminari-seminari menengah di seluruh Indonesia.

Setiap seminaris – siswa Seminari Menengah- kira-kira membutuhkan asupan gizi senilai kurang lebih Rp 100 ribu/bulan.

Logo Gerakan Orangtua Asuh Seminari (GOTAUS) yang menjadi mitra kerja resmi Komisi Seminari (Komsem) KWI.

Jangan lelah berbuat baik

Ketua Komisi Seminari KWI saat ini adalah Mgr. Robertus Rubiyatmoko – Uskup Agung Semarang.

Pelaksana harian tanggungjawab dan reksa bina seminari-seminari di Komsem KWI adalah Romo Joseph Kristanto Suratman Pr – imam diosesan Keuskupan Agung Semarang dan mantan Rektor Seminari Tinggi Santo Paulus Kentungan Yogyakarta.

Bekerjasama dengan Komsem KWI, maka GOTAUS lalu bergerak dan berkegiatan mencarikan dan menyediakan dana bantuan finansial untuk keperluan menjaga mutu asupan gizi.

Dengan pengandaian, kebutuhan gizi untuk satu seminaris per bulan sebesar Rp 100 ribu, maka dalam setahunnya, kebutuhan bantuan asupan gizi per seminaris adalah sebesar Rp 1,2 juta.

Panitia penggalangan dana untuk Komisi Seminari KWI melalui GOTAUS di Gereja St. Petrus dan Paulus Bandung, 10 November 2019. (Dok. Gotaus)

Saat ini, jumlah siswa di 42 lokasi Seminari-seminari Menengah di seluruh Indonesia adalah sebanyak 4.721 orang.

Dalam konteks pemberian dana bantuan sosial untuk misi asupan gizi para seminaris ini, maka GOTAUS akan bergerak sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Bantuan disediakan dan kemudian diberikan, sejauh ada permintaan akan kebutuhan meningkatkan asupan gizi tersebut.

Dengan pengandaian di atas dan melihat kebutuhan itu, maka dalam setiap semesternya GOTAUS harus menyediakan dana bantuan senilai Rp 1,95 milyar untuk program asupan gizi bagi Seminari-seminari Menengah di Indonesia.

Misi kebaikan

Untuk misi kebaikan ini, maka jangan pernah lelah untuk berdonasi bagi seminari melalui program misi kebaikan lewat GOTAUS – Komisi Seminari KWI.

Caranya gampang saja. Silakan berdonasi melalui rekening berikut ini

  • BCA Norek 075-3027-278
  • A.n. Konferensi Waligereja Indonesia (KWI)
  • Berita: Gotaus
  • Konfirmasi bukti donasi ke WA: 0816-4801-878 (Diana)
Logo Gotaus dan nomor rekening Gotaus dI KWI. (ist)

Gratia supplet. (Selesai)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here