Keuskupan Timika, Papua: Mgr. Anton Subianto OSC Tahbiskan Delapan Imam Diosesan dan Dua Diakon

0
388 views
Imam tahbisan anyar tengah membagikan Komuni Suci kepada umat hadirin yang mengikuti prosesi acara tahbisan imamt dan diakonat di Keuskupan Timika, Papua, 12 Oktober 2021. (Ist)

SAMPAI sekarang, sejak kematian Mgr. John Philip Saklil beberapa tahun silam, Keuskupan Timika di Papua belum punya uskup. Karenanya, Keuskupan Timika mesti “ngebon” pinjam Uskup Keuskupan Bandung Mgr. Anton Subianto Bunjamin OSC untuk proses tahbisan imam dan daikonnya.

Prosesi tahbisan imam diosesan dan diakon untuk Keuskupan Timika ini telah berlangsung 12 dan 14 Oktober 2021 lalu.

Jadi dua kali prosesi tahbisan imam di dua lokasi berbeda.

Tiga diakon Keuskupan Timika yang menerima Sakramen Imamat mereka dan ditahbiskan imam di Gereja St. Missael, Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, adalah:

  • Pastor Fransiskus Sondegau Pr.
  • Pastor Yoseph Bunai Pr.
  • Pastor Yeskiel Belau Pr.

Menurut rencana, prosesi penerimaan Sakramen Imamat dan tahbisan diakonat akan diberikan oleh Uskup Keuskupan Agats Mgr. Aloysius Murwito OFM. Namun, karena baru saja sembuh dari sakit Covid-19 dan masih dalam proses penyembuhan, posisinya digantikan oleh Mgr. Antonius Subianto Bunjamin OSC – Uskup Keuskupan Bandung.

Berikut ini, info resmi rencana prosesi tahbisan imam dan diakonat yang dirilis oleh Keuskupan Timika di Papua yang masih mencantumkan nama “Mgr. Aloysius Murwito OFM” sebagai Uskup Penahbis.

Rencana tahbisan imamat dan diakonat untuk delapan calon imam diosesan dan dua diakon diosesan Keuskupan Timika di Papua. (Keuskupan Timika) – A
Rencana tahbisan imamat dan diakonat untuk delapan calon imam diosesan dan dua diakon diosesan Keuskupan Timika di Papua. (Keuskupan Timika) – B
Suasana prosesi tahbisan imamat tanggal 12 Oktober 2021 di Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua. (Ist)

Tahbisan imamat dan diakonat 14 Oktober 2021

Berikut ini rekaman foto prosesi tahbisan imamat dan diakonat yang berlangsung tanggal 14 Oktober 2021. Prosesi tahbisan imamat dan diakonat ini terjadi di halaman Gereja St. Petrus Paroki Mauwa yang masuk wilayah Dekenat Kamuu, Mapia dan Piyaiye (Kamapi).

Prosesi penerimaan Sakramen Imamat dalam acara tahbisan imamat untuk lima imam diosesan baru Keuskupan Timika dan dua Diakon baru di Paroki Mauwa, 14 Oktober 2021. (Ist)
Lima imam baru dan dua diakon baru tahbisan di Paroki Mauwa , 14 Oktober 2021. (Ist)

Lima imam diosesan dan dua Diakon baru

Ada lima imam praja Keuskupan Timika yang menerima Sakramen Imamat dan ditahbiskan menjadi imam. Lalu ada dua Diakon calon imam diosesan Keuskupan Timika yang ditahbiskan oleh Mgr. Anton OSC.

Kelima imam diosesan Keuskupan Timika yang baru saja ditahbiskan tanggal 14 Oktober 2021 adalah:

  1. Pastor Silvester Bobii Pr.
  2. Pastor Silvester Dogomo Pr.
  3. Pastor Vincentius Budi Nahiba Pr.
  4. Pastor Febronius Angelo Pr.
  5. Pastor Paulus Leo Patty Yeruwuyan Pr.
  6. Pastor Ricky Icarol Yeuyanan Pr.

Sedangkan dua frater calon imam diosesan Keuskupan Timika yang baru ditahbiskan menjadi diakon -juga tanggal 14 Oktober 2021- adalah:

  1. Diakon Emanuel Richardus Buanglela.
  2. Diakon Ricky Icarol Yeuyanan.

Usai menerima tahbisan imamat dan diakonat, para imam diosesan dan diakon baru itu langsung mendapat tugas dari Administrator Keuskupan Timika: Pastor Martheen Ekowaibii Kuayo Pr.

Para imam baru membagi Komuni Suci kepada segenap umat yang hadir mengikuti prosesi tahbisan imamamat dan tahbisan diakonat untuk lima imam diosesan dan dua diakon baru untuk Keuskupan Timika, Papua, di Paroki Mauwa, 14 Oktober 2021. (Ist)
Kebahagian orangtua, keluarga dan kerabat dekat ketika salah satu anggota keluarganya menjadi imam, 14 Oktober 2021. (Ist)

Berikut ini daftar lokasi penugasa para imam dan diakon baru tersebut.

  • Pastor Silvester Bobii Pr ditugaskan menjadi Pastor Rekan di Paroki Modio dan Abouyaga.
  • Pastor Silvester Dogomo Pr menjadi Pastor Rekan do Paroki Bilogai dan Titigi.
  • Pastor Vincentius Budi Nahiba Pr sebagai Pastor Rekan di Paroki KSK Nabire.
  • Pastor Febronius Angelo Pr sebagai Pastor Rekan di Paroki Ilaga.
  • Paulus Leo Patty Yeruwuyan sebagai Pastor Rekan di Paroki Agimuga.
  • Diakon Emanuel Richardus Buanglela ditugaskan menjalani tahun pastoral diakonatnya di Mapuru Jaya.
  • Diakon Ricky Icarol Yeuyanan ditugaskan menjadi formator di Seminari Tahun Rohani Wadio Nabire.

Mengutip omongan Vikjen Keuskupan Timika sekaligus Administrator Keuskupan, ada imam yang saat ini juga mengalami mutasi tugas pengutusan pastoralnya.

“Pastor Samuel Ohoilejaan pindah ke SP2 dari Paroki Agimuga,” ujar Sekretaris Keuskupan Timika Romo Madya SCJ menjawab Sesawi.Net, Sabtu siang 16 Oktober 2021.

Mereka yang baru saja menerim Sakramen Imamat dan ditahbiskan menjadi imam dan mereka yang ditahbiskan menjadi Diakon berfoto bersama kerabat, Uskup Penahbis Mgr. Anton Subianto OSC, dan dua imam konselebran. (Ist)

Sumber: Wagadei.com & Keuskupan Timika, Papua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here