Mgr. Seno Ngutra Pr, Putera Langgur Maluku Tenggara Jadi Uskup Keuskupan Amboina

0
1,164 views
Romo Seno "Inno" Ngutra Pr diangkat Vatikan menjadi Uskup Keuskupan Amboina. (Ist)

PADA hari Rabu tanggal 8 Desember 2021, Bapa Suci Paus Fransiskus secara resmi telah menunjuk dan mengangkat Pastor Seno “Inno” Ngutra Pr sebagai Uskup Terpilih Keuskupan Amboina di Maluku.

Pastor Inno Ngutra adalah putera daerah Langgur, Maluku Tenggara.

Ia lahir di Waur tanggal 7 November 1970. Masa remajanya di Langgur dia lakoni dengan menjadi siswa di Seminari Menengah Yudas Tadeus di Langgur, Maluku Tenggara. Usai rampung sekolah di Seminari Menengah di Langgur -kota asalnya- ia melanjutkan studi filsafat teologi di Seminari Tinggi Pineleng, Sulawesi Utara.

Ia menerima Sakramen Imamat dan ditahbiskan imam sebagai pastor diosesan Keuskupan Amboina tanggal 6 Oktober 2001.

Sejak itu, ia mengemban tugas pastoral sebagai imam pembina di alma mater-nya di Seminari Yudas Tadeus di Langgur (2001-2003).

Uskup Terpilih Keuskupan Amboina, Maluku: Pastor Seno “Inno” Ngutra Pr.

Di lingkungan Keuskupan Amboina, ia ditunjuk Uskup Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC sebagai ekonom keuskupan sekaligus menjadi Direktur Diosesan (Dirdios) Karya Kepausan Indonesia (KKI) Keuskupan Amboina (2003-2007).

Uskup Mandagi lalu menugasi Pastor Inno Ngutra melakoni studi lanjut di Filipina.

  • Pertama-tama mengikuti program kursus lintas agama di Asian Religious Formation Institute in Antipolo (2008-2009);
  • Teologi Dogmatik (2009-2010);
  • Hukum Gereja sampai licentiat (2010-2014) di Pontifical and Royal University of Santo Tomas Manila dan studi lanjutan);

Kembali ke Ambon, Maluku

Selepas menyelesaikan studinya, Pastor Ngutra diberi tugas pastoral sebagai pastor paroki di Gereja Santo Yohanes Maria Vianney di Ambon, Ketua Komisi Kerawam Keuskupan Amboina, dan Ketua UNIO Keuskupan Amboina.

Mulai tahun 2017 hingga tanggal diangkat menjadi Uskup Terpilih Keuskupan Amboina, Pastor Inno Ngutra merangkap tugas sebagai anggota Tim Yudisial Keuskupan Amboina dan Sekretaris Keuskupan Amboina.

Sumber: Bullettino Sala Stampa Della Santa Sede

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here