Munas ke-14 Unio Indonesia di Mataloko: Jumlah Imam Diosesan Seluruh Indonesia Sebanyak 2.513 Orang (8)

0
625 views
Para imam diosesan dari seluruh Indonesia menghadiri ekarisi penutupan Munas ke-14 UNIO Indonesia di Gereja St. Yosef Paroki Bajawa, Kabupaten Ngada, Flores, NTT. Uskup Keuskupan Agung Ende Mgr. Vincensius "Sensi" Potokota memimpin ekaristi penutupan ini. (Romo Ferry SW)

SEBAGAi Sekretaris II Pengurus UNIO Indonesia masa bakti periode 2017-2023, Romo Charles Pr di forum Munas ke-14 UNIO Indonesia melaporkan kondisi jumlah total imam diosesan di sejumlah regio sebagai berikut:

  • Regio Sumatera: 289 imam.
  • Regio Kalimantan: 206 imam.
  • Regio Manado, Amboina, Makassar (MAM): 325 imam.
  • Regio Papua: 139 imam.
  • Regio Nusra: 933 imam.
  • Regio Jawa: 621 imam.

Jumlah total anggota UNIO Indonesia di 37 keuskupan pada tahun 2023 ada sebanyak 2.513 imam. Ini menurut Data Katalog Imam Diosesan 2023. 

Logo UNIO Indonesia karya Eko Susanto. (Ist)

Program bina lanjut untuk para imam diosesan

Pengurus UNIO Indonesia mengadakan program bina lanjut dengan tema “Pemimpin Agama di Tengah Situasi Masyarakat Plural: Ancaman, Tantangan dan Peluang”.

Program ini sudah berlangsung dan diadakan dalam dua gelombang:

  • Tanggal 23-27 April 2018: 25 imam dari 14 keuskupan.
  • Tanggal 14-18 Mei 2018: 39 imam dari 21 keuskupan di Balai Latihan Satu Nama di Yogyakarta.

Pada tahun 2019 diselenggarakan program bina lanjuta dengan mengusung tema “Sosial Kemasyarakatan: Belajar dari Almarhum Romo YB Mangunwijaya”.

Juga sudah berlangsung dan program ini  diadakan dua gelombang tanggal 6-10 Mei 2019 dan tanggal 15-19 Juli 2019. Keduanya sudah berlangsung di Wisma Salam Magelang.

Pengurus UNIO Indonesia juga mengadakan Triduum Pekan Suci secara daring tanggal 4-6 April 2022. Dengan tiga nara sumber: Mgr. Vitus Rubianto SX, Mgr. Adrianus Sunarko OFM, dan Romo Emanuel Pranawa Datu Martasudjita Pr.

Juga dilaksanakan program bina lanjut dengan tema “Kewarasan Mental dalam Reksa Pastoral” dengan nara sumber Dr. Mona Sugianto dan Romo Y. Sulistianto MSF. Dimoderatori oleh Romo Simon Lili Tjahjadi Pr.

Pastoran UNIO Indonesia

Sebagai Kepala Pastoran UNIO Indonesia, Romo Frans Kristi Adi Prasetya Pr memberi laporan tentang keberadaan Pastoran UNIO Indonesia.

Paparan laporan ini sudah dipersiapkan oleh pejabat sebelumnya yakni Romo Joseph Kristanto Suratman Pr dan kemudian disampaikan kepadanya tanggal 8 September 2023.

Romo Kristanto sudah selesai bertugas di Komisi Seminari KWI. Kini, ia mengampu tugas pastoral sebagai pastor paroki di Gereja St. Maria Assumpta Paroki Klaten, KAS.

Pastoran UNIO Indonesia sempat direnovasi selama periode Oktober 2017 – Januari 2018.

Ilustrasi – Pastoran UNIO Indonesia di Jalan Kramat 7, Jakarta Pusat. (Ist)
  • Setiap imam diosesan  dari seluruh Indonesia bisa bermalam gratis. Tetapi hanya boleh inap selama dua hari dalam setahunnya. Selebihnya harus membayar. Biaya inap Rp. 200.000/hari; sudah termasuk makan dan minum.
  • Bila harus menginap lebih dari 12 hari, maka setiap imam diosesan harus menyertakan surat rekomendasi dari uskup.
  • Bila menginap lebih dari 13-30 hari, maka harus membayar Rp. 3 juta/bulan untuk mereka yang menjalani tugas studi di Jakarta dan Rp. 2 juta/bulan untuk imam yang bertugas di KWI.
  • Saat ini total ada 21 kamar dengan 23 tempat tidur.
  • Penghuni tetap saat ini ada empat imam yang bekerja di KWI dan empat imam studi di Jakarta.
  • Masih tersedia 11 kamar kosong.
  • Ada dua karyawan untuk dapur dan kebersihan.
  • Jumlah maksimum imam yang tinggal tetap di KWI adalah 6 orang imam bekerja di KWI dan 4 imam studi lanjut di Jakarta. 

Data tamu yang pernah tingggal menginap di Pastoran UNIO Indonesia

  • Jumlah tamu tahun 2021 ada sebanyak 17 tamu selama 44 hari.
  • Tahun 2022  tercatat sebanyak 147 tamu selama 984 hari.
  • Tahun 2023 ada 144 tamu selama 608 hari sampai 31 Agustus 2023.

Aset milik Keuskupan Agung Semarang

Tanah Pastoran UNIO ini awalnya adalah milik Romo Ciptoprawoto Pr yang sebagai imam KAS ketika itu berkarya di lingkungan TNI. Selepas bekerja di lingkungan TNI, almarhum Romo Ciptoprawoto Pr kemudian berkarya pastoral dan tinggal di Panca Arga, Magelang.

Ia kemudian menyerahkan aset tanah miliknya itu kepada Keuskupan Agung Semarang, karena tidak bisa atas nama Pastoran UNIO Indonesia.

Pastoran UNIO sendiri dibangun atas bantuan dana berbagai keuskupan dan donasi lembaga misi. Sertifikat tanah Pastoran Unio hampir pasti disimpan dalam arsip di Keuskupan Agung Semarang.

Laporan keuangan

Pada kesempatan penyampaian LPJ Unindo ini, Rm Eman dan Rm Michael sebagai bendahara Unio memaparkan tentang pertanggungjawaban keuangan UNINDO.

Kontribusi para romo projo seluruh Indonesia dalam bentuk iuran, juga dilaporkan oleh bendahara. Dengan adanya kontribusi ini, kegiatan-kegiatan bina lanjut imam bisa terus dibuat.

Pemasukan

Sebagai kasir adalah Romo Michael Wisnu Agung Pr sesuai kapasitasnya sebagai Bendahara II yang tinggal di Jakarta.

  • Selama ini, pemasukan diterima dari iuran anggota serta bunga, hasil investasi titipan dana di KWI, royalti penulisan buku UNIO di Penerbitan Obor, pencarian dana, dan donasi.
  • Pengeluaran adalah untuk rapat-rapat pengurus dan untuk kegiatan OGF secara nasional maupun OGF yang diadakan di regio-regio. (Berlanjut)

Baca juga: Munas ke-14 UNIO Indonesia: Para Imam Diosesan Temui 603 Siswa Seminari Menengah St. Yohanes Berchmans di Toda Belu Mataloko (7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here