Paroki St. Gregorius Agung Kutabumi – Tangerang: Pembukaan Bulan Maria, Peringatan 100 Tahun Penampakan di Fatima

1
1,217 views
Pembukaan Bulan Maria Mei 2017 dan Peringatan 100 Tahun Penampakan Bunda Maria di Fatima yang berlangsung di Paroki St. Gregorius Agung Kutabumi - Tangerang (Vero)

BEBERAPA hari lalu telah berlangsung prosesi ibadat pembukaan Bulan Maria (Mei 2017) sekaligus peringatan 100 tahun Penampakan Bunda Maria kepada tiga anak kecil di Fatima, Portugal.

Acara ini terjadi di Gereja St. Gregorius Agung – Paroki Kutabumi, Tangerang, Banten.

Merunut ke belakang dan juga  mengutip situs resmi website paroki di www.parokigregoriusagung.com,  kita menyaksikan bahwa lokasi Gereja Santo Gregorius Agung – Paroki Kutabumi Tangerang ini terletak dekat dengan kompleks Perumahan Kutabumi; tepatnya berlokasi di Kampung Jambu, Desa Gelam Jaya, Tangerang.

Dulu, paroki ini merupakan wilayah pelayanan pastoral Paroki Tangerang – Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda (HSPMTB).

Dirintis tahun 1987

Sejarah Paroki Santo Gregorius Agung dimulai sekitar tahun 1987. Itu bermula, ketika beberapa keluarga katolik yang tinggal di Perumahan Kutabumi mencoba membangun paguyuban umat katolik lokal. Ini dilakukan dengan cara  sering melakukan doa bersama dan hal-hal lain bersama sebagai bentuk kebersamaan antar umat katolik setempat.

Beberapa waktu kemudian atas persetujuan paroki HSPMTB, dibentuklah lingkungan di Kutabumi dengan nama Lingkungan St. Bernardus.

Dengan berkembangnya perumahan yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan penduduk di sekitar Kutabumi, maka berkembanglah lingkungan St. Bernardus menjadi beberapa lingkungan lagi yang kemudian menjadi satu wilayah.

Pada tahun 1995 dan melihat pesatnya pertumbuhan umat di Kutabumi dan sekitarnya, almarhum Pastor Binzler Bintarto SJ, beserta beberapa umat dan atas persetujuan Dewan Paroki HSPMTB, membangun sebuah Stasi. Ini untuk melayani kebutuhan iman umat di daerah Kutabumi  dengan mengambil nama pelindung  Santo Gregorius.

Pada tahun 2010,  Stasi St. Gregorius  mendapat izin  sebagai Rumah Ibadah.
Dan pada  akhirnya pada tahun 2012, tepatnya tanggal 3 September 2012, maka berdirilah Paroki St. Gregorius Agung yang peresmiannya diselenggarakan pada tanggal 23 September 2012 oleh Uskup Agung KAJ: Mgr. Ignatius Suharyo.

Pastor paroki pertama yang diutus melayani Paroki St . Gregorius Agung Kutabumi Tangerang  adalah RD Andy Gunardi.

Berikut ini adalah koleksi foto pada acara pembukaan Bulan Maria Mei 2017 dan Peringatan 100 Tahun Penampakan di Fatima – Portugal yang berlangsung di Paroki St. Gregorius Agung Kutabumi -Tangerang, Banten.

Kredit foto: Veronika Endang

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here