Pelita Hati: 07.12.2021 – Jangan Ada Yang Tersesat

0
522 views

Bacaan: Yes. 40:1-11, Matius 18:12-14

Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorang pun dari anak-anak ini hilang.

Sahabat pelita hati,

MODEL pewartaan Tuhan memang aneh pada zamannya, bahkan untuk saat ini juga. Ketika orang lebih senang mengejar efisiensi dan efektifitas dalam hidup, Tuhan seakan mengambil jalan yang berkebalikan sebagaimana tersurat dalam pelita sabda hari ini.  Ia rela meninggalkan sembilan puluh sembilan (99) ekor dombanya dan mencari hingga menemukan satu (1) ekor domba yang hilang. Lebih tepatnya Yesus berusaha menemukan satu (1) domba yang tersesat agar dapat  dapat bergabung dengan ke-99 yang tidak tersesat. Tak boleh seekor pun tersesat dan hilang. Inilah tanggungjawab seorang gembala yang ingin menjamin seluruh kawanannya aman dan terjaga.

Sahabat terkasih,

Di balik kisah ini sebetulnya kita belajar tentang  bagaimana harus tekun, rela berkorban dan memiliki komitmen tinggi dalam melaksanakan tugas dan  tanggungjawab. Semoga pelita sabda ini menginspirasi kita untuk memperbaharui dan mempertegas komitmen kita terhadap tugas dan panggilan hidup kita masing-masing. Sebagai orang tua harus menjadi penjaga kawanan keluarga, sebagai seorang guru juga harus bertanggungjawab terhadap murid-muridnya, demikian juga untuk tanggungjawab di bidang-bidang lainnya. Di atas semuanya adalah tanggungjawab terhadap iman yang telah tumbuh di hati dan keluarga. Apa yang bisa kita usahakan? Berkah Dalem.

Berkereta menuju ke Jogja,
berkendara menuju Magelang.
Inilah kehendak Bapa di surga,
tak boleh ada seorang pun yang hilang.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem**Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here