Pelita Hati: 22.02.2024 – Simon Petrus  dan Kunci Kerajaan Surga

0
127 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Pelita sabda hari ini berkisah tentang “Pengakuan Petrus”. Pengakuan iman Petrus diikuti berkah dan pujian dari Tuhan.

Pertama, Tuhan menganugerahkan nama “Petrus” (yang berarti batu karang) kepada Simon dan ia dinyatakan sebagai dasar bagi Gereja yang dibangun Tuhan. Atas dasar iman Petrus (para rasul) inilah persekutuan Gereja berdiri dan maut takkan menguasainya. Artinya Gereja Kristus akan tegak berdiri hingga di ujung waktu.

Kedua, Petrus diserahi kunci kerajaan surga yang dapat mengikat kebaikan baik di dunia maupun di surga.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda ini mengingatkan kita untuk selalu mendasarkan iman kita atas para rasul. Jika di setiap ibadah kita mendaraskan dan mengulangi syahadat iman para rasul, kita diajak untuk selalu  hidup pada jalur dan jalan yang benar, yakni beriman seturut iman para rasul. Pelita sabda ini juga menegaskan bahwa hidup kita tidak hanya berujung dan berhenti di dunia tetapi ada lanjutannya, yakni dalam alam abadi. Kebaikan yang diikat di dunia akan terikat dalam hidup selanjutnya. Karenanya tak ada kata sia-sia untuk suatu perbuatan baik. Teruslah mengikat kebaikan karena kebaikan itu akan kita bawa dalam hidup setelah kita meninggalkan dunia. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Agar sehat jiwa dan raga,
jangan lupa berolah raga.
Yang terikat di dunia akan terikat di surga,
yang dilepaskan di dunia akan terlepas di surga.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

1Ptr.5:1-4

Matius 16:13-19 

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?” Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?” Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Mat 16:13-19)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here