Pelita Hati: 26.06.2024 – Mengenal Pohon dari Buahnya

0
85 views

Sahabat pelita hati,

SALAM seroja, sehat rohani-jasmani. Berkah Dalem.

Kini Tuhan sedang mengajar para murid-Nya.agar waspada terhadap “nabi-nabi palsu.” Mereka sering tampil seolah-olah baik tetapi sejatinya tidak mengajarkan kebenaran. Orang-orang semacam inilah yang layak disebut serigala berbulu domba. 

Ajakan yang sama masih sangat relevan di masa kini. Kita diajak untuk waspada terhadap cara dan model hidup seperti ini. Apa ukuran untuk menilainya? Tuhan bersabda, “dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” Tuhan juga menegaskan jika pohon itu baik pastinya akan menghasilkan buah yang baik juga.

Sebaliknya, jika yang dihasilkan adalah perbuatan yang mengarah kepada kejahatan sudah barang tentu berasal dari hati yang jahat pula. Peringatan Tuhan ini sekaligus menjadi tuntutan kepada kita agar selalu menebarkan kebaikan. Bagaimana agar hidup kita selalu berbuahkan kebaikan? 

Mau tidak mau, kita harus menyatu dengan Sang sumber kebaikan atau Sang pokok anggur, yakni Tuhan Yesus sendiri. Ini berarti jika kita tinggal dan menyatu dengan Kristus yang adalah Sang Baik dan sumber kebaikan itu. Karenanya kita perlu untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Sumber kebaikan, Yesus Sang Tuhan. Tetap semangat dan berkah Dalem.

Kita gelorakan 'Bineka Tunggal Ika',
berbeda-beda tetapi  tetap satu semangatnya.
Dari buahnya kamu akan mengenal mereka,
sabda Tuhan kepada para murid-Nya.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah DalemSt. Istata Raharjo,Pr

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

————————————————————————————

Bacaan:

2 Raja-raja 22:8-13;23:1-3

Matius 7:15-20

Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. (Mat. 7:15-20)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here