Pelita Hati: 30.04.2021 – Jalan, Kebenaran dan Hidup

0
675 views

Bacaan: Kisah Rasul 13:26-33, Yohanes 14:1-6 

Jangan gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh 14:1-2, 6)

Sahabat pelita hati,

KUTIPAN pelita sabda hari ini menjadi salah satu pilihan bacaan Injil dalam upacara pemberkatan jenazah. Isinya cukup indah dan sungguh meneguhkan bagi yang berduka serta memberi harapan sekaligus jaminan bagi hidup kita di kelak kemudian hari. Tuhan menegaskan dan memastikan tempat tinggal kelak bagi yang percaya kepada-Nya. “Jangan gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal.” Karenanya kita tak perlu takut dan gelisah.  Inilah jaminan terindah dan paripurna yang Tuhan berikan kepada semua pengikut-Nya.  Namun ada satu syarat yang tak boleh dilupa adalah percaya kepada-Nya. 

Sahabat terkasih,

Tuhan juga menegaskan bahwa bagi orang beriman, Kristus adalah jalan satu-satunya. Dialah jalan, kebenaran dan hidup. Tak ada jalan lain selain mengkuti jalan Yesus. Apakah kita sungguh telah menempatkan Tuhan sebagai jalan, kebenaran dan hidup? Atau kita acap kali tergoda untuk lari dan menghindar? Semoga pelita sabda hari ini membuat kita semakin percaya kepada-Nya. Sekali lagi, jangan gelisah apalagi takut.

Putus benang dapat disambung,
putus cinta apalah daya.
Tuhan adalah tempat berlindung,
bagi yang beriman dan percaya

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang,

Berkah Dalem Rm.Istata

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here