Provinsial Baru CP Provinsi Indonesia Pastor Sabinus Lohin Awali Tugasnya dengan Ekaristi bersama Uskup Mgr. Valentinus CP

0
695 views
Provinsial baru Kongregasi CP Romo-Sabinus Lohin dan Anggota Dewan Kuria Provinsi. (Kongregasi CP)

BARU saja selesai Kapitel Kongregasi Passionis (CP) Provinsi “Regina Pacis” Indonesia di Wisma Immaculata Pontianak. Hasilnya menggembirakan, karena forum Kapitel Provinsi telah memilih “nahkoda” baru untuk memimpin Kongregasi Passionis Provinsi Indonesia.

Yang kemudian terpilih menjadi provinsial baru adalah Pastor Sabinus Lohin CP. Ia didapuk memimpin Kongregasi Passionis Provinsi Indonesia “Regina Pacis” Indonesia kurun waktu 2023-2027.

Dewan Kuria Passionis “Regina Pacis” Indonesia

Struktur Dewan Kuria Kongregrasi Pasionis Indonesia pun lengkap sudah.

  • Wakil Provinsial sekaligusa merangkap Konsultor Pertama: Pastor Aloysius Adiantus CP.
  • Konsultor kedua: Pastor Dr. Yoseph Pedhu CP.
  • Konsultor ketiga: Pastor Paskalis Nores CP.
  • Konsultor keempat Pastor Yohanes Sukiman CP.

Ekaristi syukur di Gereja St. Heyronymus Paroki Tanjung Hulu

Pelaksanaan Kapitel Provinsi di Wisma Imaculata milik Kongregasi Suster SFIC di Kota Pontianak berlangsung kurun waktu 23-28 Januari 2023. Dengan berakhirnya Kapitel Provinsi dan terpilihnya Provinsial baru CP, maka Kongregasi CP bersama Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng CP lalu menggelar Perayaan Ekaristi syukur di Gereja Paroki St Hieronymus Paroki Tanjung Hulu, Keuskupan Agung Pontianak, Minggu 29 Januari 2023.

Gereja St. Hieronymus Paroki Tanjung Hulu, Pontianak Timur, memiliki kedekatan khusus dengan Kongregrasi Passionis. Selain para pastor Passionis bertugas di paroki ini, posisinya juga berdekatan dengan Biara Vinsensius Maria Strambi.

Biara ini menjadi rumah pembinaan bagi para frater Passionis yang sedang menempuh pendidikan strata dua atau post pastoral, sebelum kelak menerima tahbisan imam.

Kongregasi Passionis (CP)

Kongregrasi Passionis -biasa disingkat CP–menghidupi spiritualitas “Sengsara Yesus Kristus” dalam kehidupan regilius anggota-anggotanya.

Sebuah pin berbentuk hati dengan tulisan Iesu Xpi Passio senantiasa terpasang di dada busana khas anggota Kongregrasi ini.

“Mohon doakan saya, dan mohon bantu saya dalam mengemban tugas ini,” ucap Pastor Sabinus Lohin CP di hadapan para umat dan kolega Kongregrasinya.

Sabinus Lohin sebelumnya pernah selama dua periode menjabat Provinsial Passionis Indonesia. Jabatan ini pertama kali dia emban tahun 2007 lalu.

Selama periode ini, Pastor Sabinus Lohin menggantikan provinsial sebelumnya yang menjalankan tugasnya selama dua periode, yakni Pastor Nikodemus Jimbun CP.

Kepada Sesawi.Net, Pastor Nikodemus mengharapkan, secara internal Kongregrasi ini semakin berkembang, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Ia juga mendorong rekan-rekan dalam Kongregrasi agar semakin melibatkan diri dalam kehidupan Gereja dan masyarakat, sehingga umat semakin mengenal Kongregrasi ini.

“Dengan semakin dikenal umat, saya harapkan akan tumbuh bibit-bibit panggilan bagi kaum muda, untuk meniti jalan panggilan seperti kami, untuk melayani Tuhan dan sesama,” ucap Pastor Nikodemus Jimbun CP.

Baca juga: Romo Sabinus Lohin CP, Provinsial Baru Kongregasi Passionis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here