Renungan Harian 17 Oktober 2020: Berbeda

0
406 views
Ilustrasi - Doa Rosario (Ist)

PW. St. Ignatius dari Antiokhia
Bacaan I: Ef. 1: 15-23
Injil: Luk. 12: 8-12
 
DI kompleks perumahan itu, sepekan sekali diadakan latihan bela diri untuk anak-anak kecil. Mereka umumnya masih usia Taman Kanak dan Sekolah Dasar.

Tujuan utama bukan untuk keahlian bela diri tetapi lebih untuk memberi kegiatan positif untuk anak-anak di kompleks itu. Kompleks perumahan itu banyak dihuni oleh keluarga-keluarga muda, sehingga tidak mengherankan kalau di kompleks itu banyak anak-anak.
 
Dengan kegiatan latihan bela diri itu anak-anak diajar untuk bersosialisasi, mengenal teman dan disiplin.

Setiap kali sebelum  dan sesudah latihan anak-anak selalu diajak berdoa. Pelatih akan mengajak anak-anak itu untuk berdoa menurut keyakinan masing-masing.

Sebenarnya hanya satu anak kecil yang keyakinannya berbeda. Setiap kali diajak berdoa, anak itu akan bikin tanda salib dan berdoa.

Entah apa yang didoakan.
 
Suatu saat bapak bertanya: “Mas, waktu tadi diajak berdoa, mas doa apa?”

“Mas doa Bapa Kami aja, kan waktunya pendek,” jawab anak itu dengan polosnya.

“Lho emang kalau lebih lama mas mau doa apa?,” tanya bapaknya lebih lanjut.

“Ya doa Bapa Kami dan Salam Maria dong,” jawabnya.

“Mas gak malu gitu doa pakai tanda salib di depan teman-teman?,” tanya bapaknya lagi.

Ya gaklah Pak, berdoa pada Tuhan Yesus kok malu,” jawab anak itu dengan polosnya.
 
Sikap anak kecil yang berani berdoa di depan teman-temannya hanyalah peristiwa sederhana dan hal yang amat biasa. Akan tetapi pendidikan yang ditanamkan sejak kecil itu akan berdampak besar pada gilirannya.

Anak tidak akan malu akan identitasnya sebagai orang katolik dan pada saatnya akan mampu memberi kesaksian tentang imannya.
 
Sebagaiman Sabda Tuhan hari ini sejauh diwartakan St. Lukas: “Barang siapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah.”
 
Bagaimana dengan diriku?

Adakah aku berani memberi kesaksian tentang Dia yang kuimani?
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here