Rutinitas tak Selalu Menjemukan

0
148 views
Ilustrasi - Pencuri datangt tak terduga. (Ist)

Bacaan 1: Rm 6:12 – 18
Injil: Luk 12:39 – 48

PERNAH bekerja di tempat terpencil? Jika pernah, maka bacaan hari ini sangat menguatkan dan senjata ampuh mengusir kejenuhan dalam rutinitas kerja.

Bekerja di tempat terpencil, jauh dari kantor pusat (bahkan terpisah pulau) dan tentu saja jauh dari pengamatan pimpinan perusahaan.

Sungguh merupakan situasi yang tidak mudah.

Mungkin orang menyangka, jika tidak ada bos maka kerja bisa santai. Pandangan seperti itu sungguh keliru.

Pekerjaanmu bisa dinilai dari progress atau kemajuan dalam laporan. Dan satu hal, pimpinan bisa datang inspeksi mendadak atau sidak setiap saat yang tidak pernah diduga.

Jadi pekerjaan yang sepertinya rutinitas membosankan itu, mau tidak mau harus dikerjakan dengan penuh tanggungjawab.

Itulah yang dinamakan selalu siaga atau waspada.

Tuhan Yesus mengingatkan kita semua pengikut-Nya untuk selalu waspada. Tetap mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang bisa mendatangkan kemurahan hati-Nya.

“…Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.”

Hasil kerja yang dilakukan akan mendapatkan “bonus promosi” diberi kuasa sebagai pengawas, seperti malaikat.

Menjadi ahli waris Kerajaan Allah itu bukan hal eksklusif milik bangsa Yahudi saja. Kita orang-orang non Yahudi juga berhak mendapatkan status ahli waris tersebut.

Bangsa Yahudi diberikan Taurat agar hidup benar untuk menjadi terang bagi bangsa-bangsa lain. Namun mereka gagal menjalankan pekerjaan itu karena justru jatuh dalam kesalahan.

Taurat bukanlah sumber keselamatan, orang yang mampu melaksanakannya bukan berarti lantas otomatis mendapatkan hak ahli waris Kerajaan Allah.

Sebab sumber keselamatan hanyalah satu, yaitu mengimani Tuhan Yesus Kristus.

Dahulu memang semua manusia hamba dosa, tapi kita semua telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran, oleh penebusan Tuhan Yesus di kayu salib.

Maka serahkan tubuhmu sebagai anggota tubuh Kristus untuk menjadi senjata kebenaran.

Pesan hari ini

Rutinitas bukan berarti menjemukan, bekerja dengan penuh tanggungjawab itulah waspada. Sebab “pencuri” bisa datang setiap saat.

Tuhan Yesus adalah satu-satunya sumber keselamatan, bukan Taurat.

“Orang sering tersandung kegagalan manakala kesuksesan sudah di depan mata. Tetaplah pakai maskermu dan jaga jarakmu.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here