Sentra Vaksinasi Serviam (SVS): Ngoprek VW Kombi demi Vaksinasi Bisa Jangkau Segala Penjuru (1)

0
731 views
Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo memberkati sejumlah unit mobil VW Kombi yang nantimya difungsikan sebagai Sentra Vaksinasi Keliling; program kegiatan kemanusiaan ini diampu oleh Sentra Vaksinasi Serviam. Pemberkatan berlangsung di Sentra Vaksinasi Serviam Sekolah Santa Ursula Jakarta. (Sr. Asia OSU)

SENTRA Vaksinasi Serviam (SVS) sudah dibuka awal April lalu. Mulai beroperasional melayani program vaksinasi Covid-19 untuk khalayak ramai.

Dikelola dan diampu oleh ratusan murid alumni Sekolah-sekolah Ursulin di Jakarta Pusat. Yakni, Sekolah Santa Ursula di Jl. Pos, Sekolah Santa Maria di Jl. Juanda, dan Sekolah Santa Theresia di Jl. Gereja Theresia.

Semua berlokasi di kawasan Jakarta Pusat. Lalu dipilihlah satu lokasi untuk program vaksinasi umum itu. Kami sepakat memilih Sekolah Santa Ursula di Jl. Pos.

Setelah beberapa kali menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk umum sejak April sampai awal bulan Agustus 2021 ini, kami –para Suster Ursulin, para murid alumni tiga sekolah kami di Jakarta Pusat, segenap relawan dan penggiat kemanusiaan yang tak bisa kami sebut namanya satu demi satu, semakin membulatkan tekad bersama.

Kegiatan misi kemanusiaan yang dikelola oleh alumni sekolah-sekolah Ursulin di Jakarta melalui Sentra Vaksin Serviam di Sekolah Santa Ursula Jl. Pos ini mencatat sudah lebih 40 ribu akseptor vaksin sejak April 2021 lalu hingga kini.

Agar tak seorang pun tertinggal

Mengabdi pada misi kemanusiaan dengan melibatkan diri pada program pemerintah untuk melakukan vaksinasi umum.

Di mana pun dan kapan pun, kami akan tetap semangat menggaungkan motto kami yang berlaku secara mondial: “Serviam”.

Artinya, “Saya mau mengabdi”.

Agar -seperti pesan Presiden Joko “Jokowi” Widodo, berkenaan dengan program pemerintah mengampu vaksinasi ini: “Jangan sampai ada yang tertinggal dan tidak menerima vaksinasi.”

Siaga Vaksinasi Keliling

Kami menjawab ajakan Pakdhe Jokowi sebagai pemimpin nasional dengan program terbaru. Judulnya: SVS. Dengan melakukan kegiatan kemanusiaan berlabel Siaga Vaksinasi Keliling.

Caranya tidak biasa.

Berbagai elemen sukarelawan bersedia membantu membesut program Siaga Vaksinasi Keliling ini.

Salah satunya adalah merelakan mobil-mobil kebanggaan mereka -jenis VW Kombi- sebagai ruang sentra vaksin.

Kepada Sesawi.Net, penulis menjelaskan keberadaan mobil-mobil VW Kombi sebagai “sentra vaksinasi” Serviam ini sudah rampung dikerjakan.

“Awal bulan Agustus 2021 ini, mobil-mobil yang hasil oprekan desain ulang ini akan siap berkeliling menjalani fungsi barunya sebagai sentra vaksin,” tutur Bingky si empunya mobil VW Kombi yang sudah “didaur ulang”.

Lima unit mobil VW Kombi hasil oprekan baru yang akan difungsikan sebagai sentra vaksinasi keliling. Acara seremoni ini antara lain dihadiri oleh Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji.

Lima titik sekaligus

Saat ini, program vaksinasi keliling dengan menggunakan mobil Volkswagen Kombi menuju sasaran yang membutuhkan vaksin.

Target per mobil 100-150 akseptor per sekali kunjungan.

“Terbuka kemungkinan untuk kerjasama dengan Komunitas Mobil Volkswagen Indonesia. Siapa tahu bisa menjangkau berbagai kawasan pelosok tanahair Indonesia.

Itu idealnya. Yakni membantu percepatan penyebaran vaksinasi di Indonesia.

Bekalnya hanya satu-dua saja. Kerelaan hati dan sukacita berbagi semangat kesatuan dan kebersamaan sebagai anak-anak bangsa.

Melakukan karya ini demi nilai-nilai kemanusiaan. Tetap dengan tertib prokes,” tulis Bingky dari BikerStation, si empunya mobil VW Kombi yang sudah kena projek “daur ulang” dengan empat roda di bagian belakang.

Seremoni sederhana

Menandai awal kegiatan program vaksinasi keliling ini, seremoni sederhana digelar di halaman Sekolah Santa Ursula hari Selasa tanggal 3 Agustus 2021 ini.

Diikuti oleh lima unit mobil VW Kombi, tiga unit mobil VW Beetle.

Juga tidak kalah penting, acara seremoni tadi pagi itu juga ditandai dengan kehadiran Bapak Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo yang melakukan pemberkatan atas program kemanusiaan ini.

Acara seremoni peresmian Sentra Vaksinasi Keliling Serviam di halaman Sekolah Santa Ursula Jakarta.

Lalu hadir pula:

  1. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak   I Gusti Ayu Bintang Darmawati;
  2. Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono;
  3. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Walikota Kodya Jakarta Pusat dan para camat dan lurah Kodya Jakarta Pusat;
  4. Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji;
  5. Ketua Komunitas VW Indonesia.

(Berlanjut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here