Skolastikat St. Bonaventura Pematangsiantar Gelar Pertemuan Wakil Sekretaris Formasi dengan Saudara Muda Konventual

0
74 views
Seluruh anggota komunitas Skolastikat Biara Santo Bonaventura Pematangsiantar bersama wakil sekretaris bidang formasi yakni Fr. Maksimilianus Sembiring OFMConv

PERTEMUAN terjadi hari Kamis-Jumat, 1-02 Februari 2024; bertempat di Biara Skolastikat Bonaventura, Sinaksak, Pematangsiantar, Sumut. Pertemuan ini diikuti semua saudara muda yang sedang menempuh studi tingkat I-VI. Pertemuan bertema “Studi dalam Formasi Fransiskan”.

Tema ini bersumber dari Discepolato Fransiskan dan beberapa dokumen; salah satunya yakni Ratio Studiorum.

Surat Fransiskus kepada Antonius berbunyi, “Saudara Antonius kamu boleh studi atau pun mengajar. Tetapi tidak boleh memadamkan semangat ibadat dan doa”.

Isi surat ini menjadi pertanyaan penting dalam pertemuan pembuka dari Fr. Maksimilianus Sembiring OFMConv kepada para saudara muda di Skolastikat Biara St. Bonaventura.

Dalam pertemuan tersebut, Fr. Maksimilianus Sembiring OFMConv menyampaikan, studi menjadi bagian integral dalam setiap formasi.

Studi formal di STFT dan pendidikan Fransiskan di rumah pembinaan menjadi bagian yang harus diseimbangkan. Ini guna membangun dan mengembangkan beberapa dimensi pendidikan yakni manusiawi, rohani, intelektual, pastoral dan sosial-budaya.

Terlebih lagi, studi harus menjadikan seseorang murid untuk semakin rendah hati.Juga semakin dekat dengan Dia yang memanggil yakni Yesus Kristus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here