Step 3 Narcotics Anonymous untuk Rehabilitasi Pasien Pecandu Narkoba

0
161 views
Ilustrasi: Berani membuat keputusan penting untuk mau berubah, tinggalkan pola hidup lama untuk merengkuh hidup baru. (Ist)

SETELAH menyadari kelemahan dan meyakini adanya harapan pada kekuatan yang lebih besar, maka langkah berikut ini merupakan sebuah tindakan. Yakni, dengan membuat keputusan atau ketetapan hati untuk merubah hidup kita.

Step 3

Membuat keputusan untuk mengarahkan niat dan hidup kita kepada Tuhan sebagaimana kita mengenal-Nya.

Membuat keputusan

Untuk melakukan suatu perubahan, tidaklah cukup hanya dengan memiliki harapan.

Harapan itu harus dilanjutkan dalam bentuk tindakan. Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah membuat keputusan.

Membuat keputusan merupakan langkah penting dalam step ke-3 ini. Membuat keputusan tidaklah berarti kita harus secara mendadak, mengubah semua tentang jalan kehidupan kita secara total.

Di sini kita hanya perlu memutuskan arah mana yang hendak kita tuju. Apa yang harus diarahkan? Yang harus diarahkan adalah niat serta kehidupan kita.

Ilustrasi: Berani membuat keputusan penting dalam hidup. (Ist)

Niat dan hidup kita

Niat bisa juga diartikan sebagai keinginan yang ada di dalam diri kita. Selama adiksi menguasai hidup kita, sering kali niat atau keinginan kita ini menjadi liar dan tidak terarah.

Keinginan dan kehidupan kita selama ini hanya dipenuhi dengan berbagai penyalahgunaan zat. Kehidupan kita pun menjadi tidak teratur sehingga muncul berbagai persoalan dalam kehidupan kita.

Adiksi telah menguasai hidup kita. Dan untuk mengalahkannya, kita perlu untuk mengarahkan niat, keinginan serta kehidupan kita kepada sesuatu kekuatan yang lebih besar dari diri kita.

Tuhan yang kita kenal

Setiap orang memiliki latar belakang dan pengalaman hidup yang berbeda, oleh karena itu pengertian, pemahaman orang tentang Tuhan juga berbeda.

Di sini kita tidak hendak membahas  atau mengajarkan konsep tentang Tuhan.

Tuhan di sini dapat diartikan sebuah “kekuatan yang lebih besar” dari diri kita, kekuatan itu bisa berupa kekuatan program NA, prinsip spiritual dalam program, kekuatan perorangan, makhluk yang bisa diajak berkomunikasi, bisa juga berupa kekuatan doa.

Tuhan yang kita kenal adalah Tuhan yang sesuai dengan pengalaman hidup, pengertian, dan pemahaman kita.

Membuat keputusan dalam langkah ke-3 merupakan sebuah kesediaan dan kesiapan individu untuk melangkah lebih lanjut dalam step-step berikutnya. 

Ilustrasi: Berani melangkah ke depan, meninggalkan yang lama. (Ist)

Seluruh niat, kehendak, keinginan dan hidup kita kini sepenuhnya terarah dan kita serahkan kepada  Tuhan, yang akan memelihara, mengasihi, memulihkan kita, sesuai dengan keyakinan dan pemahaman  kita kepada-Nya.

Spirit: honesty, humility, open minded, willingness, blind faith

Teks Alkitab

“Karena itu saudara saudara, demi kemurahan Allah aku menasehatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagaimana persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang berkenan kepada Allah – itu adalah ibadahmu yang sejati.” (Rom 12:1)

Doa Step 3

Tuhan, Kusembahkan diriku pada-Mu,

untuk membangunku dan melakukan apa yang Kau kehendaki.

Bebaskan aku dari penjara diriku, sehingga aku dapat menjalankan kehendak-Mu atas diriku.

Hilangkan kesulitanku sehingga kemenanganku akan menjadi saksi bagi mereka yang kubantu dengan kuasa-Mu, cinta-Mu, kasih-Mu, jalan-Mu.

Semoga aku selalu menjalankan kehendak-Mu.

Disarikan oleh Anastasia C

Yayasan Sekar Mawar – Keuskupan Bandung

Pusat Rehabilitasi Sosial & Pencegahan NAPZA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here