Tiga WNI Awak Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Terjangkit Coronavirus (Covid-19)

0
69 views
Kapal pesiar Diamond Princess by Taiwan News

KABAR buku yang mengusik rasa ingin tahu ini muncul dari Menlu RI Retno Marsudi. Setelah bertemu dengan Dubes Jepang untuk Indonesia di Jakarta hari Selasa tanggal 18 Februari 2020 ini, Menlu mengkonfirmasi berita buruk tersebut.

Tiga warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai awak kapal pesiar Diamond Princess positif sudah terinfeksi coronavirus atau Covid-19.

Ketiganya sudah dievakuasi keluar dari geladak kapal pesiar mewah di lepas pantai Yokohama di Jepang untuk kemudian mendapat perawatan dan penanganan medis di Chiba, Jepang.

Di dalam kapal pesiar mewah itu, demikian kata Menlu Retno Marsudi, ada sedikitnya 78 orang WNI yang bekerja sebagai awak kapal dengan berbagai profesi.

Berita konfirmasi ini didapatkan, kata Menlu, setelah pihaknya melakukan percakapan dengan otoritas Jepang di Indonesia yakni Dubes Jepang untuk RI.

“Kami juga sudah menghubungi pihak keluarga pasien tesebut,” kata Retno Marsudi.

Kapal pesiar mewah Diamond Princess awalnya mengangkut para pelancong sebanyak 3.711 orang dari berbagai bangsa. Lantaran dideteksi terjadinya kasus infeksi Covid-19 di kapal tersebut, pihak otoritas Jepan “menahan” kapal tersebut di bibir pantai dan tidak diizinkan membuang jangkar untuk berlabuh.

Akibatnya, selama beberapa hari terakhir ini, kapal tersebut dikarantina di lepas pantai Pelabuhan Yokohama.

Pihak Jepang mengkonfirmasi bahwa dari sekian ribu penumpang kapal pesiar mewah tersebut ada sebanyak 446 orang –termasuk tiga orang WNI—dipastikan telah terkena infeksi Covid-19.

Sumber: The Jakarta Post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here