Yang Mewariskan Iman

0
179 views
Santo Yohanes Pengarang Injil. (Ist)

HIDUP manusia di dunia tidak abadi. Dia mati dan digantikan oleh generasi betikutnya. Namun, manusia bisa mewariskan sesuatu kepada generasi berikutnya, baik warisan jasmani maupun rohani.

Demikian pula kehidupan Gereja. Berganti dari generasi ke generasi. Para rasul termasuk generasi yang pertama. Sebelum pergi, mereka mewariskan iman dan tradisi. Injil merupakan bagian dari warisan tradisi iman.

Oleh pewartaan merekalah orang menjadi percaya dan diselamatkan. “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.” (Roma 10:9).

Yesus memanggil para rasul untuk mengikuti Dia dan menjadi penjala manusia (Matius 4: 19). Untuk itu, mereka meninggalkan keluarga dan pekerjaannya.

“Mereka pun segera meninggalkan jalanya, lalu mengikuti Dia.” (Matius 4: 20).

Salah satu rasul yang dipanggil untuk mengikuti Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus (Matius 4: 18). Bersama Petrus, Yakobus, dan Yohanes, dia termasuk empat rasul yang pertama (Matius 4: 18-22).

Dia menyaksikan Tuhan Yesus yang mengajar dan melakukan mukjizat (Yohanes 6: 8). Bersama ketiga rasul itu dia tampak berada di Yerusalem, menyertai Yesus sebelum sengsara-Nya.

Andreas mewartakan injil Yesus Kristus. Menurut tradisi dia pergi ke Asia Kecil (Turki sekarang); bahkan sampai Kiev. Dia benar-benar menjadi penjala manusia. Artinya, membawa banyak orang mengenal Yesus dan percaya kepada-Nya.

Orang-orang yang diutus menjadi penjala manusia itu begitu diperlukan. Tanpa mereka orang tidak mendengar tentang Yesus dan percaya kepada-Nya.

“Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika tidak diutus?” (Roma 10: 14-15).

Umat Allah berganti dari generasi ke generasi. Namun Gereja tetap ada, karena selalu ada yang diutus untuk mewartakan Yesus.

Semua orang yang dibaptis mendapat tugas yang sama, yakni diutus menjadi rasul. Mereka itu orang-orang yang mewariskan iman.

Rabu, 30 November 2022
Pesta Rasul Andreas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here