Credit Union Harapan Jaya Kisaran Lebarkan Sayap (1)

0
2,040 views

RAPAT Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kredit Credit Union (KOPDIT CU) Harapan Jaya Kisaran untuk Tahun Buku 2011 digelar pada hari Senin, tanggal 12 Maret 2012 di Gedung Methodis Center No 3, Jl. Panglima Polim, Kisaran (di depan Kantor Kopdit CU Harapan Jaya Kisaran). Hadir pada RAT tersebut antara lain Osbern Simanihuruk SH dari Puskopdit Pematangsiantar, Sumatera Utara, para kolektor, utusan-utusan masing-masing kolektorat 1 orang per 50 anggota.

Peserta RAT  terdiri dari 5 pengurus, 3 pengawas, 69  kolektor, 79  perwakilan anggota, 2 wakil Puskopdit,  15karyawan. Semuanya berjumlah 173 orang.

Seperti kebiasaan tahun-tahun sebelumnya saat melaksanakan RAT seperti ini, pejabat Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Asahan, pengurus Dewan Koperasi Kabupaten Asahan, Koordinator Koperasi Kredit sewilayah Asahan-Labuhan Batu juga hadir. Namun tahun ini mereka berhalangan hadir karena ada berbagai kegiatan yang tidak bisa ditunda.

Alami peningkatan

Sesuai laporan Ketua Kopdit CU Harapan Jaya Kisaran yakni Desman Simbolon SPd bahwa CU Harapan Jaya Kisaran semakin berkembang dan semakin melebarkan sayapnya ke berbagai daerah. Perkembangan ini dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah anggota pada akhir tahun 2010 keanggotaan berjumlah 4.928 orang, sedangkan hingga per 31 Desember 2011 jumlah anggota mencapai 7.408 orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 50 %.

Sedangkan asset CU Harapan Jaya pada akhir Desember 2010 sesuai dengan laporan pertanggungjawaban RAT tahun buku 2010 sebanyak Rp 15.883.333.451,- sementara pada akhir Desember 2011 sebesar Rp 24.788.722.466,-. Aset ini meningkat sebesar 56 %.

Sementara itu pendapatan juga mengalami peningkatan yakni pada tahun 2010 sebesar Rp 3.076.460.478 dan pada tahun 2011 berjumlah Rp 4.283.947.285,-. “Kita sangat senang dan bangga dengan perkembangan ini, walaupun tak bisa dipungkiri bahwa masih tetap ada kendala dan hambatan yang terjadi di dalam CU kita  yakni adanya kredit macet. Tetapi hal itu tidak terlalu mempengaruhi proses operasional CU kita”, tandas Desman Simbolon di hadapan peserta RAT.

Paroki Sakraman Mahakudus Kisaran

Pada awalnya pendirian CU Harapan Jaya Kisaran ini hanya untuk kalangan umat Katolik Paroki Sakramen Mahakudus Kisaran atau wilayah Kabupaten Asahan (Sumut) sekitarnya saja, tetapi lama-kelamaan dikembangkan dengan menerima anggota yang non Katolik sejak 2007, hingga pertumbuhannya seperti sekarang ini. Sekarang ini keanggotaan CU Harapan Jaya telah menjangkau masyarakat umum di Kabupaten Asahan, Kabupaten Batubara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan Kota Tanjungbalai. Kelimanya berada di wilayah Sumatera Utara.

Sejak dua terakhir ini keanggotaan telah merambah ke Kabupaten Ujung Batu Rokan, Provinsi Riau. Dan hingga akhir tahun 2011 CU Harapan Jaya Kisaran telah membuka cabang (unit pelayanan) di Tinjoan, Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, di Ujung Batu Rokan Propinsi Riau, di Aek Nabara Kecamatan Aek Nabara Kabupaten Labuhan Batu Selatan, dan Wirakop (Wira Usaha Koperasi, Kisaran).

Kemudian pada tahun 2012 ini akan membuka unit pelayanan baru sebagai kantor operasional yakni di Desa Gajah, Kecamatan Air Joman, Kecamatan Simpang Empat, yang seluruhnya berada di wilayah Kabupaten Asahan. Pembukaan unit-unit pelayanan baru tersebut sebagai usaha ekspansi dan melebarkan sayap serta semakin mendekatkan pelayanan kepada para anggota dan calon anggota baru.  (Bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here