Dialog Tokoh Agama Indonesia-Vatikan, Apresiasi Deklarasi Abu Dhabi

0
575 views
Rombongan delegasi Indonesia bersama Kepala Dewan Kepausan untuk Dialog Antargama Mgr. Ayuso. (Dok KBRI Vatikan)

PADA tanggal 19 Juli 2019 lalu, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri, Komjen Polisi Agung Budi Maryoto, memimpin delegasi para tokoh agama Indonesia untuk bertemu dengan Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Mgr. Miguel Ángel Ayuso Guixot, di Vatikan.

Delegasi terdiri dari para pemuka agama yang berasal dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Keuskupan Agung Jakarta, dan tokoh masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Mgr. Ayuso menyambut hangat kedatangan delegasi Baintelkam Polri dan mengapresiasi keharmonisan umat beragama di Indonesia yang berlandaskan Pancasila.

Deklarasi Abu Dhabi

Selain itu, beliau juga menyampaikan arti penting Dokumen tentang Persaudaraan Manusia bagi Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama (Deklarasi Abu Dhabi).

Dokumen ini ditandatangani Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar, Ahmad Al-Tayyeb, pada 4 Februari 2019 dan diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam menyebarluaskan nilai-nilai toleransi antarumat beragama.

Rombongan delegasi Indonesia bersama staf KBRI di Vatikan.
Romo Markus Solo SVD mengantar rombongan delegasi Indonesia mengunjungi Basilika Santo Petrus di Vatikan.

Pada kesempatan yang sama, Komjen Polisi Agung Budi Marwoto menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan yang hangat dan penjelasan yang komprehensif dari Mgr. Ayuso tentang nilai-nilai toleransi antarumat beragama.

Beliau menambahi bahwa Pancasila memang menjadi perekat bagi keberagaman suku dan agama di Indonesia dan pemerintah bersama masyarakat masih terus berupaya untuk menjaga nilai-nilai toleransi yang sesuai dengan Pancasila.

Selain bertemu pejabat Vatikan, delegasi Baintelkam Polri juga berkesempatan mengunjungi Basilika Santo Petrus dengan didampingi Romo Markus Solo SVD, pastor asal Indonesia yang kini menjadi staf di Kantor Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama di Vatikan. Rombongan delegasi Indonesia juga menghadiri jamuan makan malam dan temu silaturahmi yang diselenggarakan oleh KBRI untuk Takhta Suci.

Pada jamuan makan malam tersebut, Dubes RI untuk Takhta Suci, HE Antonius Agus Sriyono, menjelaskan berbagai kegiatan KBRI dalam kerangka mengembangkan dialog antaragama yang berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan.

Roma, 19 Juli 2019

Muhammad Ferdien SH

Kepala Bidang Informasi, Protokoler dan Konsuler KBRI untuk Tahta Suci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here