Lentera Keluarga – Lihat Anak Domba Allah

0
131 views

Tahun A-2. Pekan Biasa II
Minggu, 19 Januari 2020.
Bacaan: Yes 49:3.5-6; 1 Kor 1:1-3; Yoh 1:29-34. 

Renungan:

PERLU proses bagi Yohanes untuk mampu memberikan kesaksian (yun: maturia)  “ Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.” dan “ Anak Allah”.  Dua kali ia memeberi kesaksian “Akupun sebenarnya tidak mengenal Dia” Namun karena keterbukaannya ia mengenal Yesus secara baru. Kesaksian Yohanes ini kemudian dilanjutkan oleh para pengikut Yesus (ay 38.41.49.) sampai Yesus menyatakan diriNya sendiri sebagai Anak Manusia (v.51). Dengan mengatakan bahwa Yesus adalah Anak domba Allah, Yohanes merefensikan Yesus ke Anak domba paska yang membebaskan Israel ke tanah terjanji (Kel 12). Namun tidak hanya seperti itu, iapun sampai mengenal Yesus sebagai “Anak Allah’. 

Pengenalan kita akan Yesus bertumbuh dan semakin berisi selaras dengan kepekaan dan kedekatan kita dengan Yesus. Bagaimana sekarang ini kita mengenal Yesus? Kita dapat mengenal Yesus dari perayaan iman, pengetahuan kita belajar dari Sabda Tuhan, tetapi juga dari pengalaman seharu-hari. Dan yang terutama adalah dari Roh Kudus yang membuka mata iman kita untuk peka dan mampu memlihat kehadiran Yesus di sini dan sekarang.  Pengenalan itu bukan konsep tetapi mengalami, bukan tahu tetapi mengenal. 

Kontemplasi:

Gambarkan bagaimana Yohanes mengenal Yesus berbeda dengan orang-orang lain. 

Refleksi:

Bagaimana aku mengenal Yesus sekarang ini? Apa hal-hal yang mendukungku mengenal Yesus?

Doa: 

Ya Bapa, semoga karena karunia Roh Kudus, hatiku boleh semakin terbuka mengenal kehadiran PuteraMu di tengah-tengah kami. 

Perutusan:

Kenallah Yesus semakin dekat, jangan merasa puas kalau anda hanya tahu tentang Dia. 

(Morist MSF)

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here