Pelita Hati: 13.12.2018 – Bukan yang Utama

0
546 views

Bacaan Matius 11:11-15

Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan — jika kamu mau menerimanya — ialah Elia yang akan datang itu. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

SAHABAT pelita hati,

Kini Yesus  memberikan pujian kepada Yohanes Pembaptis sebagai orang yang sungguh ‘besar’ alias layak dihormati dan didengarkan pewartaannya. Sebuah ungkapan kerendahan hati Yesus sekaligus sebuah pujian penghargaan pada Yohanes sebagai penyiap dan pelapang jalan kedatangan-Nya. Pujian Yesus ini tak terlepas dari pengakuan Yesus bahwa Yohanes yang hidup di tengah hutan dengan gaya hidup yang aneh (berpakaian kulit binatang dan minum madu hutan) adalah benar-benar nabi, bahkan nabi yang besar.

Sahabat terkasih,

Sekalipun Yohanes disebut sebagai nabi yang terbesar, ia hanyalah orang yang mempersiapkan kedatangan Sang Mesias dan Yohanes sungguh sadar akan perannya. Ia hanya pengantara, bukan yang utama namun Yohanes dengan sempurna menjalankan perannya. Semoga kita pun mampu menjalankan peran kita masing-masing sebagai  pembawa kebaikan bagi anak di dalam keluarga, anak didik di lingkungan sekolah, karyawan di lingkungan kerja maupun umat yang menjadi dampingan kita di mana pun dan kapan pun. Semoga.

Agar sehat jiwa dan badan,
jaga hati dan asupan makanan.
Yohanes adalah teladan,
dalam kesederhanaan dan kesetiaan.

dari Papua dengan cinta,
Berkah Dalem, Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here