Pelita Hati: 25.01.2020 – Hingga ke Ujung Dunia

0
368 views

Bacaan Markus 16:15-18

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” (ay.15)

Sahabat pelita hati,

SETIAP tanggal 25 Januari, Gereja selalu merayakan pesta bertobatnya rasul Paulus. Kisah pertobatannya amat terkenal dan melegenda sebagaimana dikisahkan oleh Lukas dalam buku keduanya yaitu Kisah Rasul 9:1-18. Pertobatannya ditandai dengan beberapa fenomena berikut: Dahulu nama Yahudinya Saulus, kini nama kristennya Paulus. Dahulu ia menjadi penganiaya jemaat, kini ia menjadi pembela umat. Dahulu ia mengejar-ngejar umat Kristen, kini ia menjadi pengajar umat yang dapat diandalkan. Dahulu ia pencela iman sekarang menjadi pembela umat beriman. Singkatnya, Paulus kemudian menjadi rasul yang tak kenal lelah menyebarkan ajaran Tuhan.

Sahabat terkasih,

Pelita sabda hari ini menyajikan bagian akhir dari Injil Markus yang berisi tentang pesan dan perintah Yesus kepada murid-murid-Nya menjelang kenaikannya ke sorga dengan mulia. Perintah Tuhan itupun segera didijawab oleh para murid dengan pergi dan memberitakan Injil kabar gembira Tuhan: “Mereka pun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.” (ay.20).

Sahabat terkasih,

Kini kita pun memiliki tugas dan tanggungjawab yang sama yakni memberitakan Injil -Kabar gembira- Tuhan, bukan harus dengan kata-kata dan pengajaran, tetapi melalui kesaksian hidup sehari-hari. Karenanya di mana pun dan kapan pun kita memiliki tanggungjawab untuk mewartakan kebaikan Tuhan melalui karya-karya baik kita. Jika penginjil Markus menekankan bahwa pemberitaan Injil harus diberikan kepada segala makhluk,  hal ini jugalah yang kemudian diperjuangkan oleh Rasul Paulus. Ia menjadi pewarta Injil dan rasul bagi segala bangsa.  Berkat karya pewartaan rasul Paulus inilah agama Kristen kemudian berkembang ke seluruh penjuru dunia. Semoga kita pun mampu meneladani semangat kerasulan Paulus yang tak gentar terhadap tantangan dan kesulitan serta selalu percaya pada penyertaan Tuhan. Tetap semangat.

Tanah Airku Indonesia,
negeri elok amat kucinta.
Pergilah ke seluruh dunia,
wartakan Injil kabar sukacita.

dari Banyutemumpang, Sawangan, Magelang
Berkah Dalem ** Rm.Istoto

Kredit foto: Ilustrasi (Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here