Tetap Berkarya, Meski Banyak Tantangan

0
108 views
Ilustrasi: Almarhum Romo Heri Kartono OSC bergaya dengan mengendarai becak. (Ist)

SEBUAH pepatah mengatakan, “Jika Anda hanya melakukan hal-hal yang mudah, hidup ini akan menjadi sulit. Akan tetapi, jika Anda rela melakukan hal-hal yang sulit, hidup ini akan menjadi mudah.”

Pada tahun 1950,  hidup seorang petani garapan dengan keluarganya. Karena saat itu musim kemarau, tidak ada petani pemilik yang menyuruh petani penggarap itu bekerja. Akibatnya, sang petani tidak memiliki pekerjaan untuk menghidupi anak dan istrinya.

“Bu, terpaksa aku harus mencari kerja di kota. Bila tidak kalian akan mati kelaparan,” kata petani itu kepada istrinya.

Di kota, ia bertemu dengan beberapa orang yang menawarkannya bekerja sebagai tukang becak. Karena belum bisa mengendarai becak, ia meminta temannya untuk mengajarinya.

Setelah beberapa hari diajari, petani itu pun mulai menyewa sebuah becak. Ia mulai mencari penumpang. Karena belum hafal benar dengan jalan-jalan di kota, ia meminta kepada setiap penumpang untuk menunjukkan jalan menuju tujuan mereka. Ia rela dibayar berapa pun untuk menambah biaya hidup.

Demi mengumpulkan sejumlah rupiah bagi keluarga di desa, setiap hari sang petani rela hidup berhemat. Ia menabung semua uang yang didapatnya.

“Hari ini aku bekerja setengah hari saja. Nanti sore aku akan kembali ke desa untuk bertemu dengan anak istriku,” katanya dalam hati, setelah beberapa bulan bekerja.

Ia pulang ke rumah keesokan harinya dengan sejumlah uang di tangannya. Istrinya sangat bergembira menyaksikan suaminya yang pulang dalam keadaan sehat. Bagi sang istri, yang terpenting adalah suaminya telah kembali. Penghasilan menjadi hal kedua.

Memperjuangkan kehidupan

Hidup ini mesti diperjuangkan.

Mengapa? Karena hidup ini memiliki nilai yang mengatasi segala hal. Karena itu, ketika orang berada dalam kesulitan menemukan pekerjaan, orang mesti terus-menerus berusaha untuk mendapatkannya. Tidak mesti yang hebat-hebat. Yang sederhana pun jadi, yang penting halal, baik dan benar.

Kisah di atas memberi kita motivasi untuk tidak mudah menyerah pada situasi hidup kita. Kita mesti berani melangkahkan kaki untuk meraih impian kita apa pun rintangan yang kita hadapi. Bahkan kita mesti berani memulai suatu pekerjaan yang baru sama sekali, meski kesulitan senantiasa menyertai perjalanan hidup ini.

Hari ini kita memulai hari yang baru. Ada sejumlah tantangan yang siap menghadang kita. Ada godaan-godaan yang siap membelokkan rencana yang telah kita buat untuk hari ini. Tetapi saya yakin, Anda akan mampu mengatasinya dengan gilang-gemilang?

Mengapa? Karena Anda adalah orang yang beriman teguh kepada Tuhan yang mahapengasih dan mahapenyayang.

Mari kita berserah diri kepada Tuhan yang kita imani. Dengan demikian, hidup kita hari ini sungguh-sungguh memiliki makna bagi diri dan orang lain. Tuhan memberkati.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here