Br. Vianney MTB Terpilih Jadi Pemimpin Umum dalam Kapitel Kongregasi Bruder Maria Tak Bernoda (MTB)

0
273 views
Anggota Dewan Pimpinan Umum Kongregasi Bruder Maria Tak Bernoda (MTB), hasil kapitel di Pontianak, akhir September 2023. Ki-ka: Br. Vianney MTB, Br. Bonaventura MTB, Br. Thomas B MTB, Br. Dionesius MTB, dan Br. Edesius MTB. (Br. Dinus Kasta MTB)

TELAH terpilih Dewan Pimpinan Umum  Bruder MTB untuk masa bakti periode tahun 2023–2029. Terjadi dalam Kapitel Umum Bruder MTB di Wisma Immaculata, Jl. AR Hakim No. 104 Pontianak yang telah berlangsung tanggal 17–24 September 2023.

Tema Kapitel Umum Bruder MTB,kali ini adalah “Merawat Kharisma ‘Simpliciter et Convidenter’  dalam Persaudaraan dan Pelayanan”.

Hadir dalam Kapitel Umum yang pertama bertempat di Indonesia ini ada lima bruder dari Belanda. Mereka adalah Br. Bram Homel MTB, Br. Thomas Bone MTB, Br. Jos van Arendonk MTB, Br. Lambertus Vermeer MTB, dan Br. Huub Brooijmans MTB.

Dewan Pemimpin Umum terpilih.

Berikut ini nama-nama para bruder MTB yang terpilih menjadi anggota DPU untuk masa bakti tahun 2023-2029.

  • Pemimpin Umum: Br. YM Vianney Alexius Harnoto Trilaksono MTB.
  • Wakil Pimpinan Umum: Br. Bonaventura Salomon MTB.
  • Anggota DPU: Br. Dionisius Boneventura Frans MTB, Br. Thomas Bone MTB, Br. Edesius Markus Donat MTB.

Harapan

Kapitel Umum Bruder MTB diawali dengan perayaan Ekaristi Kudus yang dipimpin oleh Mgr. Agustinus Agus, Uskup Keuskupan Agung Pontianak sebagai selebran utama. Dengan konselebran Pastor Hermanus Mayong OFMCap. Dalam Sidang Kapitel Umum Bruder MTB ini, Pastor Mayong, demikian umat memanggilnya bertindak sebagai moderator.

Dalam kata pembuka, Bapak Uskup mengajak peserta Kapitel yang berjumlah 19 dapat menghasilkan keputusan-keputusan bermanfaat bagi masyarakat; terutama masyarakat Kalimantan Barat dan masyarakat umum Indonesia.

Kedinaan       

Hari kedua Kapitel Umum Bruder MTB diisi dengan rekoleksi. Didampingi Br. Thomas Bone MTB, peserta kapitel mendalami tema ‘kedinaan’. Caranya dengan mengamati perilaku flexing; suka pamer, cenderung menampilkan diri dengan berani tanpa malu, tanpa pikir.

Semua fenomena ini sering mengemuka di jalur TikTok. Lalu, pertanyaan kritisnya adalah bagaimana para bruder harus menentukan sikap.

Beberapa inspirasi untuk mendalami ‘kedinaan’ misalnya ada di dalam wejangan Yesus, kalau diundang pesta (Luk. 14:8-11); wejangan Yesus tentang dua orang yang masuk sinagoga untuk berdoa (Luk. 18:10-14). Atau inspirasi dari Santo Fransiskus Assisi: bagaimana dulu ia menghadapi orang-orang sakit kusta.

Inspirasi lainnya diambil dari Konstitusi Bruder MTB. BIsa juga merupakan inspirasi dari Laudato Si’ dan keutamaan-keutamaan lain dari budaya.

Para bruder MTB peserta kapitel di Pontianak, akhir September 2023. (Br. Dinus Kasta MTB)

Dari inspirasi-inspirasi tersebut, para buder diharapkan memiliki sikap rendah hati, kedinaan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pergaulannya dengan sesama bruder yang lebih muda, sikapnya terhadap rekan kerja yang rendah hati; menghilangkan posisi atasan bawahan.

Atau dari Laudato Si’ no. 10 yaitu kesadaran akan keterkaitan yang tak terpisahkan antara merawat alam, keadilan bagi orang miskin, komitmen terhadap masyarakat dan kedamaian batin, dan kesediaan membongkar diri demi keharmonisan keseluruhan.

Rancangan Tuhan

Kapitel Umum Bruder MTB tahun 2023 ditutup dengan perayaan ekaristi pada hari Minggu, 24 September 2023. Perayaan Ekaristi dipimpin Pastor Mayong OFMCap dan Pastor William Chang OFMCap sebagai konselebran. Dalam homilinya, Pastor William Chang OFMCap mengingatkan bahwa rancangan, pola pikir dan hitungan matematis manusia berbeda dengan rancangan Tuhan.

“Kita berharap, terpilihnya DPU baru sesuai dengan rancangan Allah. Untuk itu rancangan kita sebagai manusia perlu disesuaikan dengan rancangan dan pikiran Allah. Sebagaimana para misionaris awal  datang ke Indonesia memiliki misi memperhatikan mereka yang miskin dan terpinggirkan, maka karya-karya para bruder MTB tidak dapat lepas dari misi awal, kesederhanaan dan kepercayaan bersama mereka yang miskin dan terlupakan. Sederhana tanpa neko-neko, percaya kepada penyelenggaraan Tuhan.”

Terima kasih dan mohon dukungan Tuhan.

Br. Rafael Donatus MTB, Pemimpin Umum Bruder MTB periode sebelumnya, mengucapkan banyak terimakasih kepada:

  • Pastor Hermanus Mayong OFMCap sebagai moderator.
  • Sr. Antonie PMY sebagai juru penerjemah bahasa Indonesia-Belanda dan sebaliknya.
  • Anggota kapitel dan semua yang terlibat dalam kapitel ini.

Ia juga mengucapkan selamat bertugas kepada Dewan Pimpinan Umum yang baru; disertai  doa semoga DPU yang baru terpilih selalu di dalam jalan Tuhan.

Sedangkan, Br. Vianney MTB, Pemimpin DPU periode 2023-2029, mohon dukungan berkat dan doa agar diberikan kekuatan dan rahmat Tuhan hingga mampu melaksanakan tugas melaksanakan keputusan-keputusan dan rekomendasi dari Kapitel Umum Bruder MTB Tahun 2023 untuk masa enam tahun ke depan.

Pontianak, 25 September 2023.

Harijadi Bruder MTB ke 169

Br. B. Sukasta MTB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here