Fasilitator Utama Keselamatan

0
211 views
Ilustrasi: Yesus menyembuhkan Lazarus yang tengah berbaring sakit. (Ist)

FASILITATOR dibentuk dari kata bahasa Latin: “facilis” (mudah) dan “facere” (melakukan). Seorang fasilitator membuat sesuatu dilakukan secara mudah. Dia mengatasi dan menyingkirkan banyak halangan.

Injil hari menampilkan fasilitator.

Pertama, orang-orang yang mengusung temannya yang lumpuh untuk sampai kepada Yesus (Lukas 5:18-19). Usaha mereka membuahkan hasil, karena Yesus menyembuhkan kawan mereka (Lukas 5:23-24).

Kedua, Yesus yang membebaskan orang lumpuh itu dari dua penyakit, yakni penyakit fisik (kelumpuhan) dan rohani (dosa). Yesus mengampuni dosa dalam proses penyembuhan itu, karena orang meyakini bahwa penyakit fisik itu akibat dari dosa. Penyembuhan itu menegaskan bahwa Yesus mampu membebaskan seseorang dari semua belenggu (jasmani dan rohani) dan membuatnya utuh kembali.

Menarik, mengamati reaksi dari ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Mereka menganggap bahwa penyembuhan itu menghujat Allah (Lukas 5:21). Alih-alih menjadi fasilitator, mereka terkesan menjadi penghalang. Minimal mereka keberatan terhadap yang Yesus lakukan.

Kisah ini mengingatkan kita akan dua hal. Pertama, untuk bisa datang kepada Yesus orang kerap membutuhkan bantuan atau bimbingan dari orang lain. Orang yang buta mata rohaninya dan gagal melihat belas kasihan dan pengampunan Tuhan membutuhkan bimbingan rohani.

Kedua, Tuhan Yesus adalah fasilitator yang mempermudah orang dalam mengalami kasih Tuhan. Dia tidak berbelit-belit dalam menolong dan menyembuhkan orang. Penyembuhan-Nya seketika langsung dapat dirasakan (Lukas 5:25).

Masa adven mengundang orang untuk datang kepada Yesus lewat pertobatan. Betapa banyak yang merasakan halangan dalam melakukannya. Ada yang tidak punya waktu, ada yang tidak tahu caranya; ada pula yang malas dan menganggap bahwa bertobat itu tidak penting. Apakah kita menjadi fasilitator dalam proses pertobatan pribadi dan sesama?

Kita memang perlu datang kepada Yesus untuk mengalami daya keselamatan-Nya. Namun yang jauh lebih penting adalah percaya bahwa Yesus telah lebih dulu datang kepada kita.

Yesus telah mempermudah jalan bagi kita untuk kembali kepada Tuhan, karena Dia adalah fasilitator utama keselamatan.

Senin, 11 Desember 2023
Alherwanta O.Carm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here